Cosmical Coincidence

Semua berawal di hari rabu kemarin : aku sama temen kuliahku,Irma pergi buat beli kado.Kado ini rencananya bakal aku kasih ke seseorang.Bukan karena dia berulangtahun atau punya sesuatu yang spesial di hari itu,tapi aku ngasih karena memang aku suka memberi hadiah untuk orang yang aku sukai.Setelah itu, aku langsung mampir ke tempat yang aku tuju (istana boneka;) dan ngeliat banyak boneka-boneka super unyu : mulai dari angry birds,mr.bean sama beruang teddy,Sully sama Mike dari Monsters,Inc. dan yang paling keren ada boneka zombie sama tanaman dari Plant Vs Zombie.

Setelah pertapaan sedemikian rupa,aku akhirnya milih boneka anjing buat si dia.Yah,gak tau kenapa tapi anjingnya emang unyu banget,dan anjing itu identik sama aku : setia,dan suka ngiler.Alhasil aku minta si mbak-mbak penjaga toko ngebungkus boneka itu.Setelah dapet boneka,aku sama si Irma nongkrong sebentar di Circle K Gelora Pancasila.Kami ngobrol banyak hal,mulai dari dia yang cerita tentang mantannya yang mau mampir kesini,dan aku cerita pengalamanku kemarin pergi ke malang.

Dan pas aku asik ngobrol sama Irma,di parkiran aku lihat sesosok cewek.Pendek,agak gemuk,rambut panjang dengan wajah sayu.1 nama pun terpintas di pikiranku,"Che".

Aku salting,gugup,nerpes,bengek kaya orang kesetanan,kaya orang mau ditagih debt collector.Apa ini mimpi ? Kalo mimpi,bangunkan aku sekarang juga.

Iya,si Che yang aku bahas di posting ini sempet ada di beberapa posting lalu (baca posting move on),sekarang ada di tempat yang sama kaya aku,aku bisa ngeliat dia jelas,nyata di depanku.Dia sama pacar (atau mungkin temennya) masuk ke dalam CK buat beli jajanan.Spontan,aku pura-pura beli es Frosty,buat nyamperin dia yang ambil duit di ATM.Aku ragu,buat nyapa,dan tiba-tiba aku gemetar.1 langkah aja gak bisa aku lakuin.Akhirnya,aku nekat ngomong ke dia dari belakang,"kamu che kan?".Awalnya dia gak noleh,kemudian aku kerasin lagi suaraku,"kamu che kan?".Dia kaget ngeliat aku,dan bilang "lho,Bima".

Dan aku salting,melting.Dunno what to say.Aku akhirnya basa-basi,"kamu ngapain di sini?".Dia jawab,"habis les Anatomi".Dalam hati,aku mikir "buset,belajar bab anatomi di fakultas kedokteran pake les segala?".Dan selebihnya aku tanya dia,kemana aja dia selama liburan ini.Dia kaget,pangling ngelihat aku tinggi banget (lebih tinggi dari dia).Lucu sebenernya kalo inget pengalaman SMP dulu ,yang aku jabarin di posting move on,gimana kami saling sapa pertama kali,dan hari itu,kami bertemu lagi untuk yang kedua kalinya,bertatap muka,seperti orang bingung.Di kejauhan terdengar soundtrack band Aliran J-rock,GaGaGa SP,Hajimete Kimi to Shabetta,atau diterjemahkan ke inggris,"i talked to you for the first time".

Karena setelah penantian gak jelas selama lebih dari satu setengah tahun,kami bisa bertemu,berbincang-bincang singkat seperti yang aku harapkan.Memang benar,manusia itu harus terus berharap dan aku percaya bahwa berharap itu gak sia-sia,apalagi disaat harapanmu itu menjadi nyata,akan menjadikanmu sebagai orang yang tidak pernah berhenti berharap.Sementara itu juga,aku keingat tentang sebuah bab di bukunya raditya dika yang berjudul "How i meet you,not your mother",yang bercerita tentang Cosmical Coincidence,atau kebetulan kosmis : bagaimana makhluk hidup bisa saling bertemu di satu tempat secara tidak sengaja di waktu yang tak terduga-duga.Seperti telah diatur dalam sebuah skenario.Seandainya aku gak mampir ke sana,aku gak bakal ketemu dia.Seandainya dia juga gak mampir ke sana,dia gak bakal ketemu aku.

Cosmical Coincidence,adalah bagian dari takdir.Skenario yang sudah ditentukan Tuhan ini juga terkait dengan Paradox : dan hukum sebab akibat.Coba kalau aku dulu gak "suka" sama dia,mungkin di hari pertemuan itu aku gak bakal salting.Coba kalau aku sama si Irma itu gak dateng ke Circle K pakis,mungkin posting ini gak bakal muncul.Takdir memang berjalan secara misterius.Kita tidak akan tahu,apa hal-hal yang akan terjadi di kemudian hari.Yang bisa kita lakukan dalam menjalani takdir adalah,jangan pernah menyerah menjalaninya.

Impian manusia

Setiap orang punya impian.

Setiap orang berhak untuk bermimpi.

Tidak seorangpun boleh menertawakan ,melecehkan impian seseorang.

Jahatnya sama dengan menghina keimanan/kepercayaan seseorang.

Orang yang tidak punya impian,hidupnya hambar dipenuhi pahitnya kenyataan.

Orang yang punya impian,tapi tidak bisa diwujudkannya akan tenggelam dalam delusi bernama "kegagalan".

Hidup mungkin berawal dari mimpi,tapi janganlah kamu hidup dalam mimpi.Yakinlah bahwa kamu bisa menghidupkan mimpimu.

Impian seseorang tidak akan menghilang ditelan zaman.

Impian ada bersamaan dengan eksistensi seseorang.

Kematian tidak memusnahkan impian,tapi menundanya.

Impian yang baru itu akan diwarisi oleh orang lain.


Kaleidoskop 2011

Tahun ini adalah tahun kebahagiaan sekaligus kepedihan.Pedihnya,karena seperti tahun-tahun sebelumnya,aku masih jomblo *brb nangis di pojokan.Senengnya karena,well banyak hal.

Di tahun ini juga,aku mulai nemuin temen-temen baru,memasuki bangku kuliah setelah mengalami kegagalan di SNMPTN.Selain itu di tahun ini aku udah berumur 18,pertanda awal kedewasaan (dari segi fisik).Di tahun ini juga aku baru bisa move on dari seorang cewek yang di tahun 2010 kemarin bikin aku nelangsa lahir batin.Setelah perjuangan dan pergumulan yang begitu keras selama hampir 364 hari,aku sekarang ada di penghujung tahun 2011.Sekarang,pukul 2.44 dinihari di tanggal 31 januari 2011,aku mau nulis tentang resolusi buat tahun 2012.

1.Cari cewek
2.Belajar yang serius
3.Ngeband
4.Memperdalam ajaran agama
5.Ngebanggain orangtua
6.Berguna buat teman-teman tanpa disalahgunakan

Candu

Akhir-akhir ini aku lagi sakit yang tarafnya gak elit : sakit gigi.Ya,saat dimana gigimu cenat-cenut gak karuan,kepalamu ikut pusing dan kamu jadi gak enak beraktifitas.Habis pulang dari liburan ke malang kemarin ,aku langsung sakit gigi.Mungkin karena gigiku ada yang berlubang dan lubangnya suka aku korek pake tusuk gigi,maka timbullah itu penyakit.Lirik lagu dangdut jaman dulu yang bilang,"lebih baik sakit gigi daripada sakit hati" itu salah.Karena sakit gigi lebih parah,karena sakit yang kita rasakan itu lebih nyata.

Karena udah lama gak kontrol ke dokter gigi (karena jauh),aku pake cara-cara aman : sikat gigi,kumur air garam.Dan,seperti sebelum-sebelumnya aku minum obat seperti Bodrex,Paramex,Oskadon buat ngurangin rasa sakit.Tapi,lain dari rasa sakit sebelumnya,obat-obat ini gak ngaruh.Biarpun udah minum 5 jam lalu,tetep aja masih sakit.Biar lebih efektif,aku minum obat dengan dosis lebih besar,sehari bisa 3-4 obat.Memang ngaruh,tapi tetep sakit banget.Setelah lihat keterangan di bungkus obat,"penggunaan dosis besar berkepanjangan bisa menyebabkan kerusakan hati".Buset,biar penyakitku gak nambah lebih baik aku ngurangin obat-obatan itu,takut nanti jadi candu.

Sakitku ini aku ceritain ke sejumlah temenku : ada yang ngasih saran pake Ponstan (gak ngaruh),ngasih keterangan kenapa sakit gigi itu bisa terjadi,atau bahkan ada juga temenku yang paling ekstrim waktu aku ceritain tentang aku candu obat,"kamu sakit gigi candu obat ya bim.Kalo urusan asmara,kamu pasti kecanduan si ***a ya hahahhaha ".Sialan,orang lagi sakit gigi bisa-bisanya dikaitkan sama urusan cinta-cintaan (tapi emang bener sih).

Candu,saat dimana kita jadi ketergantungan,terobsesi sama suatu hal.Rasanya tanpa hal tersebut,hidup kita terasa kosong,sakit,hampa.Cara mengisi sakit tersebut adalah mengisinya dengan "obat" yang bisa menyembuhkan kita.Terlalu banyak dosis,atau mungkin obsesi berlebihan,bisa menyebabkan penyakit hati.

Satu-satunya cara untuk melepaskan sifat candu kita ini adalah,dengan menahan diri,dari segala sakit dan kosong tadi.Kalau sebelum candu terhadap suatu hal saja kita bisa,kenapa sesudah candu kita tidak bisa menahan diri kita ?

Long live my family

Buatku,weekend itu kaya surga sekaligus neraka.Disebut surga karena aku bebas gak ada kuliah,tugas.Disebut neraka,karena waktu lebih banyak di rumah berarti aku bakal disuruh-suruh kemana-mana.Bukan gak mau jadi anak yang berbakti,cuma males gerak aja.

Jadi kemarin mulai dari hari sabtu,keluargaku ngerencanain untuk pergi ke malang.Karena hari sabtu aku keluar dan gak bisa ikut,jadinya acara diundur sampe hari minggu.Sabtu malam (buatku malam minggu itu gak ada),kami sekeluarga pergi makan ke Wagyu Steak di grand city.Dari baunya aja,kayaknya masakan itu udah enak banget,endang bambang top markotop maha ciamik lagi maha maknyus.Wagyu steak,kayak namanya adalah steak yang bahan

dasarnya make daging sapi kobe.Awalnya karena penasaran juga,aku nyaranin
keluargaku makan kesana.Memang suasananya nyaman,dan enak banget buat nyantai.

Dan kami masing-masing sekeluarga udah liat-liat harga di daftar menu.

1 kata : MAHAL .

Akhirnya aku milih steak yang harganya relatif,sekitar 135 ribu.Ada lagi yang harganya 300 ribu,tapi aku yakin aku bakal gak makan selama 2 minggu.Ibu,mba
k,sama masku udah ngasih peringatan,supaya milih yang murah aja.Lagipula sungkan juga,kalo udah duduk,habis gitu gak beli makanan.Dan begonya,bapakku asal lihat menu,dan bilang ke waitress-nya,"mbak,pesen tenderloin ya?".Mbaknya nanya,"daging apa pak ? Wagyu ?" ,"iya,tenderloin".Dan si mbak melengos pergi dan bapakku tenang-tenang aja.

Hidangan pun disajikan.
(steak tenderloin seharga 135 ribu,rasanya bagai di surga,harganya bagai neraka )

Begitu semua udah kenyang,bapakku pun minta bill-nya.Begitu ngeliat,mata bapakku langsung melotot.Ternyata daging sekelebat yang dia makan itu,harganya 275 ribu,dan kalo ditotal semuanya 950 ribu !! Dan syukur sekeluarga langsung bingung,panik karena jujur aja,gak pernah ada pengalaman makan bisa hampir satu juta.Walaupun begitu,aku gak dimarahin karena emang rasanya enak banget,tapi harganya itu yang bikin gak enak.Mata sekeluarga tertuju ke aku,dan mereka bilang,"udah bim,cukup sekali ini aja nurutin kamu".

Mengutip perkataan raditya dika dari bukunya di manusia setengah salmon, (aku sudah beli loh !! haha ) "makanlah bila kau lapar,berhentilah bila kau kenyang,menjeritlah bila kau melihat bill-nya.


Dan besoknya pun kami rencananya pergi ke malang.Sebelum berangkat,aku sama abangku uring-uringan,karena kami sama-sama lagi males keluar.Dan,ibuku ngeluarkan satu ancaman yang menggerakkan kami semua.


"gimana kalo ini adalah permintaan terakhir ibu,terus habis itu ibu meninggal ? apa kalian gak bakal nyesal ?"

Takut kena kualat,aku langsung mandi.


Kami berdua (aku,abangku) males pergi,bukan gak beralasan.Kalo dilihat-lihat kemarin itu hari natal,dan yang pasti jalanan padat merayap,dan kami gak punya harapan buat berlibur.Dan bapakku sih,enjoy aja,ngedatengin kota malang dulu.


Dan omongannya abangku itu bener : daerah porong padat ,sulit buat maju.Selain karena adanya lumpur lapindo,Lalu lintas di porong juga padet karena banyak juga yang pake jalur itu buat ke kota malang sama batu.Barulah sekitar jam 5,kami sekeluarga sampe ke kota batu.Karena sampe ke jam 5,kami gak sempet ke jatim park,maupu
n jatim park 2.Kami gak nyoba pergi ke BNS (batu night spectac
ular),karena cuaca juga gak mendukung untuk aktivitas outdoor.And so,we stayed in the hotel for all night long.Dan seperti biasa,aku sekamar sama sodara-sodaraku,dan ibu bapakku di kamar yang terpisah.


Di hotel ini ,tv cuma nyajiin 3 channel : TvOne,RCTI,sama indosiar.Kalo nonton TvOne,isinya kebanyakan politik tiada akhir.Kalo nonton RCTI,isinya sinetron tiada akhir.Dan kalo nonton Indosiar,isinya naik elang dan gulat sama naga tiada akhir.Jadi dengan satu keputusan,lebih baik kami gak nonton tv.


Untungnya,hotel ini deket sama tempatku dulu biasa liburan sama anak-anak IA 5,jadi aku udah gak asing sama daerahnya.Turun dikit,ada sate kelinci yang rasanya endang bambang (tapi masih belum ngalahin rasa daging 135 ribu).Naik dikit,ada warung stmj yang mantap.Sisa malemku aku habisin nongkrong di warung stmj itu,sambil ngetik-ngetik kerangka novelku ,judulnya werkodara.


Kemarin,tanggal 25 desember,di tengah-tengah heningnya suasana warung itu ,aku keingat sama seseorang : Ici.Ya,ici,si Verry Tiara Caprici (baca posting-posting awal buat info lebih lanjut).Tanggal 26 desember ini dia ulang tahun,dan aku gak bisa ngasih hadiah aneh-aneh buat dia,jadi aku cuma ngasih wejangan ke dia.Aku pun ngirim sms singkat ke dia.


B:"besok kamu ulang tahun ya :)"
I:"hahaha ,iya aku besok ultah.Uda tua pek,19 tahun,setahun lagi aku umur 20.Tua banget :( tapi aku gak cocok sih umur 19 soalnya aku berperawakan muda :D"
B:"iya hahaha tua atau muda bukan ditentuin dari umur ato perawakan fisik,tapi pola pikirmu sama caramu nyikapin hidupmu.Semoga makin membaik ya :)"

I:"Aku dikasih wejangan nih.Makasih ya bima :)"
B:"Aku tau kamu punya banyak masalah,dan aku cuma pengen bisa bantu kamu ngejernihkan pikiran" .


Dan,sms itu berlanjut ke arah yang lebih baik gak ada seorang pun yang tahu,kecuali aku sama dia.Yah,terkadang seorang mantan,apalagi mantan yang pertama (dan mungkin terakhir),gak bisa kamu lupakan.Rasa cinta itu mungkin pudar,tapi rasa sayang itu gak bakal hilang.

Dan,malem itu pun aku habisin dengan menyeruput sisa-sisa STMJ yang udah mulai dingin karena dibiarin lama banget sama pemiliknya.
(warning : too much STMJ bikin stamina ON)

Sebelum tidur,aku ngeliat film Twilight.Iya,itu film tentang cewek yang jatuh cinta sama vampir ganteng..Entah kenapa,tapi aku rasa film ini agak konyol.Bukan novelnya,tapi filmnya.Werewolf kok kayak anjing buduk kebanyakan hormon.Vampir kok kayak orang ketebelan make up.Dan kesalahanku,aku nonton film ini sebelum tidur,dan hasilnya mimpiku absurd *pukul-pukul tembok.
Saking dinginnya,sepanjang malem,aku rebutan selimut sama abangku.Apes,aku selalu kebagian sial karena dia bisa ngerebut selimut terus.Kira-kira sampe jam 5,aku gak bisa tidur.



Dan inilah suasana hotel di siang hari.Teduh,nyaman,udaranya segar.Gak rugi liburan bareng keluarga.Memang terkadang keluarga kita sengaja kita lupakan demi meraih privasi,tapi sesungguhnya privasi terbesar ada di keluarga kita :) .

Kenangan masa kecil (pt.3)

Lagi butek gini paling enak emang nulis gak karuan.Yah,gimana lagi? Mau nulis yang serius terus,ntar dibilangnya gak asik,nulis yang konyol,entar gak dibilang lucu,terus jayus,gondok,bingung jadinya harus nulis apa?Menulis hal yang abstrak aja paling enak.Sambil terkantuk-kantuk dengan mata belo berkualitas 5 watt,aku nulis posting ini sambil koleng,jadi kalo ada yang gak bener maaf aja ya.Dan mungkin saking kolengnya pandanganku,aku jadi ngeliat hal-hal yang gak semestinya aku liat,entah aku
yang ngayal atau emang pandanganku mulai gak beres.Sepintas tadi di depan kamar keliatan kaya ada orang jalan cepet (nahloo).

Dan,beginilah kondisi saya,setengah tertidur ,di depan laptop.



(untung gak ngiler)

Pernah waktu lagi nongkrong,aku sempet ngebahas acara-acara di televisi waktu jamanku masih kecil (kira-kira awal tahun 1998-2003).Waktu itu,masih jamannya aku doyan nonton kartun Doraemon,Digimon,de el el.Selain kartun dari Jepang,aku juga nonton acara asli indonesia,kaya si unyil,Blobby,si Komo dan banyak lagi lainnya.

Tapi dari sekian banyak acara di masa kecil itu,yang masih bikin aku gak ngeh sampe sekarang adalah acara yang namanya "Ci Luk Ba!" yang dibawain sama Maisy.Masih teringet jelas gimana Maisy dengan centilnya menyapa penonton,terus bilang "Cilukbaaaaaa!!! Mmmmmmmmuuuuuuuaaaaah !!!".Gila,bilang "muah" aja panjang banget,dan bibirnya dimonyong-monyongin gitu .Sungguh membawa trauma tersendiri bagi anak umur 6 tahun yang baru bertumbuh besar.
(efek gak ditetekin?)

Semenjak nonton acaranya itu,aku jadi trauma sama yang namanya cewek centil,kecentilan atau bahasa jawanya endhel.Dengan tampang centilnya itu,dia bilang "jumpa lagi di acara Ci luk bah ; Chyyyyyyyy luuuuuukkkkkhh......BAH (nafasnya bau) ,mmmmmuuuuuuuuaaaah".Aku yang lagi kecil aja tau,mana cewek normal dan mana cewek yang lebay.Tapi itu tanggapanku dulu waktu kecil,kalo sekarang udah bisa mikir sendiri sih,yaa mungkin dia bertingkah seperti itu karena tuntutan profesinya ya (artis cilik gitu),yang menuntut dia berpenampilan unik (baca:aneh dan lebay) supaya bisa menarik pemirsa.

Waktu berlalu,dan akhirnya tiap sore aku gak nonton Maisy lagi di TV (kalo gak salah waktu itu di SCTV).Dan waktu berlalu,hingga 11 tahun ke depan.Sekarang Maisy udah kuliah di FK UI,keren banget.Jadi kemungkinan pembaca yang sekarang kebetulan ada di FK UI ,dan kebetulan kenal sama Maisy,sampein salam ya,trus tanyain juga,masih single apa nggak.Kalo single,ya semoga cepet dapet jodoh,ya kalo gak single semoga yang nulis blog ini cepet dapet jodoh (nasib jadi jomblo hampir 5 tahun).

Ngeliat-liat Maisy gitu ,jadi inget masa kecil.Diledekin anak-anak,cengeng,suka gambar,nonton kartun,baca komik.Sering minta mainan sama ibu bapak,tapi gak dikasih,terus nabung dulu baru dibeliin,ah masa kecil emang kadang bikin kita kangen,dan pengen ngalamin lagi masa itu,dan kalo bisa yang jelek-jelek atau penuh sesal dirubah.Tapi nyatanya ,disini,aku yang udah berumur 18 tahun,juga sadar kalo masa lalu itu hanya angin lalu sesaat,gak bisa dirubah lagi,cuma bisa dipelajari,diingat-ingat lagi.Beda sama masa sekarang dan masa depan,masa lalu stuck dan absolut,sedangkan masa kini itu masih bisa dijalani dan dipilih jalan mana yang benar,begitu juga dengan masa depan.

Dan dari sekian banyak memoriam itu,aku jadi bingung sama suatu hal :
Apakah kalian blogger pembaca juga memikirkan hal yang sama seperti aku ? Ingin merubah masa lalu kalian,atau melangkah terus,menjalani hidup agar bisa lebih baik dari hari ke hari tanpa terus ngeliat ke belakang ?

Untitled

"I want to tell you something" "What is that?" "I'm in love with you"

Goodbye ,Maestro

Minggu kemarin adalah minggu kelabu.Bukan karena minggu kemarin aku ditolak cewek,bukan.Tapi,hari itu adalah hari berkabung,hari duka.Karena seorang guruku di masa SMP,pergi meninggalkan dunia ini di usia 71 tahun.Beliau adalah bapak Benny Manuputty.

Pak Benny adalah guru seni musik paling "wow" di SMP Negeri 1 Surabaya dulu.Banyak trademark khas beliau yang sering jadi bahan omongan anak-anak se-SMP 1.Mulai dari awal MOS,beliau langsung dikenal sama anak-anak,karena beliau yang ngajari dan ngiringin lagu mars SMP 1.Dan lagi,iringannya itu khas,"teng tengteng tengtengterereng teng teng".Dan pas pelajarannya pak Benny,biasanya anak-anak jadi ribut sendiri.Ada yang kakinya keluar dari bangku,beliau langsung teriak ,"and the sikil masuk".Atau ada lagi,kalo anak-anak pada ribut,beliau biasa bilang,"and the cangkem mingkem" atau "DIAM!! Mana disiplinnya?".
Atau yang paling umum,biasanya kalo bingung cari ketua kelas,beliau teriak-teriak,"juragan?mana juragannya?".Kalau ada botol diatas meja,dibilang bayi tabung.Anak yang gede tinggi gemuk,pasti dipanggil ,"bomber".Entahlah,mungkin karena mereka mirip sama bom,bulet item mengkilat atau apa aku gak tau.Tapi yang jelas,sindiran pak Benny itu,ngebuat beliau diingat-ingat sama anak-anak Spensa.

Selain jadi staff pengajar seni musik,pak Benny juga jadi pembina Ekskul Drum Band Gita Rama Shinta.Yah,bagian dimana beliau teriak-teriak "DIAM!! Mana disiplinnya?!" itu lebih cocok diterapin kalo anak-anak drum band main-main sendiri tanpa disuruh.Biasanya,geng-ku di drum band dulu (Faiz,norman,dimbud,irfan,Rocky,fafa,reza,irqom,suto,alfa) sering dimarahin beliau gara-gara ribut sendiri,dan cenderung memberontak.Dan kami dengan seenaknya,memanggil beliau "Raja","Rojo".Yah,alesannya karena beliau itu suka ngatur-ngatur,nunjuk-nunjuk kesana kesini seenaknya.


(satu-satunya foto kenangan yang tersisa dari RFC,Radja Fans Club)

Yang aku inget dari masa drum band ini adalah cercaan yang begitu banyak dari beliau.Yah,kadang memang salah kami sendiri sih,gak ngedengerin omongan beliau.Meskipun penampilannya begitu,beliau ini baik hati lho.Beliau ini yang ngajeni kami-kami yang vakum drum band,memohon baik-baik,dan bilang "mas,tolong dibantu ya mas drum bandnya...kita kekurangan anak".Beliau juga dibalik itu semua orangnya ramah kok.Pernah sekali waktu aku telat pulang,ditemenin nunggu sampai bapakku ngejemput.

Terakhir kali ketemu beliau juga waktu aku ngadain kunjungan ke SMP 1 menjelang UNAS SMA.Pas ketemu beliau,aku langsung senyum sapa,"pak Benny".Beliau nanya,"masuk mana mas nanti maunya?","masuk ITB pak,desain grafisnya" "semoga sukses,keterima ya mas".Well,jujur waktu itu gak sepintas pun ada bayangan kalau beliau bakal pergi buat selama-lamanya.

Di umurnya yang ke 71 tahun,beliau pun pensiun,mungkin karena sudah gak sekuat dulu lagi.Lelaki yang lahir di tahun 1940 ini pun,menutup usianya pada tanggal 17 desember,sore hari (perkiraan pukul 16.00 sore).Beliau meninggal karena terjatuh di kamar mandi.

Setelah berita itu tersebar di twitter,BBM,dan facebook,banyak yang ngetweet tentang kenangan mereka semasa diajar beliau.Yang umum adalah,hal-hal yang diatas,dan banyak diantara mereka yang merasa kehilangan.Beliau adalah sang maestro,yang banyak meninggalkan kenangan dan sejumlah pelajaran berarti.Gak salah juga,kami (RFC) dulu manggil beliau Raja.Karena memang,dia adalah "Raja",orang yang utama,orang yang membawa banyak arti di kehidupan SMP ini.

Pertanyaannya sekarang,bagaimana nanti soal manajemen Drum Band Gita Rama Shinta ? Setelah Mr.Benny gak ada,siapa yang bakal membantu menggerakkan anak-anak kecil generasi penerus itu ? Semoga warisan beliau,tetep bisa bertahan,dan semoga keluarga dan kerabat yang ditinggalkan,diberi ketabahan.


Rest in Peace,Benjamin Dominggoes Manuputty


Cinta dalam diam

"Memendam perasaan cinta kita ke orang lain dan gak pernah disampaikan itu,ibarat menghirup asap rokok ,kita simpan di dalem tubuh,gak dikeluarin sama sekali.Efeknya,sesak nafas,pahit,batuk atau yang terekstrim mati".




nb:maaf lagi error

Curhat malam

Kemarin aku baru diskusi sama ibuku,tentang *ehm masalah cinta.Aku cerita,kenapa cinta itu sulit dateng ke diriku.Ibuku bilang,mungkin belum waktunya,dan biarin aja semua mengalir,karena cinta bakal datang sendiri.

Setelah curhat masalah itu,aku pun bilang ke beliau apa yang aku pikirin.Aku lagi *ehm jatuh cinta sama temenku cewek (bukan cowok),tapi aku malu,aku takut buat ngomong ke dia.Selain cerita ke ibuku,sebelumnya aku juga cerita ke sejumlah teman-temanku (btw thx buat Koko ,Irma,Gredy atas sarannya kemarin :D) ,dan mayoritas dari mereka bilang,"seorang cowok itu haruslah yang memulai suatu pergerakan,terutama dalam urusan cinta".Ibaratnya,cewek itu gak mungkin memulai suatu pergerakan (baca:pdkt) terlebih dahulu karena hakikatnya dia adalah cewek.

Urusan lebih harus dulu mana,cowok sama cewek ini,dibahas sama group band vierra di lagu mereka ,yaitu Terlalu Lama :

sadarkah kau, ku adalah wanita
aku tak mungkin memulai
sadarkah kau, kau menggantung diriku
aku tak mau menunggu

Bagian yang ditebelin itu nyebelin banget.Masa cowok harus selalu yang memulai suatu pendekatan? Emang cewek gak boleh gitu,mulai proses Pdkt ? Bukannya aku pengecut atau apa,tapi kayaknya gak adil banget aja gitu,masa cowok harus selalu yang maju duluan.Nanti dibilang gak menjunjung tinggi emansipasi terhadap wanita,merendahkan dsb.

Tapi,setelah dikasih penjelasan sama ibuku,aku jadi sadar.Bahwa emang pada hakikatnya,pria dan wanita,jantan dan betina,itu diberi keutamaan tersendiri.Dari segi biologis,juga keutamaan dalam hidupnya.Hewan,kalau kita perhatikan sewaktu mereka lagi musim kawin,selalu pejantan yang bergerak duluan buat ngedapetin yang betina.Hewan yang kita ketahui perkembangan akalnya jauh lebih "rendah" dibanding kita yang manusia aja,juga mengutamakan gerakan pejantan.

Dalam urusan percintaan,manusia lebih kompleks.Kalo hewan kita ketahui gak perlu seluk beluk berupa bibit,bebet,bobot.Kaya yang udah aku jabarin di atas tadi,kalo cowok sama cewek itu punya keutamaan mereka tersendiri.Cowok,melakukan tindakannya atas dasar logika,dan cewek cenderung menggunakan emosi mereka.Dalam urusan percintaan cowok diberi kebebasan,keutamaan untuk memilih ,dan cewek diberi kebebasan untuk menerima atau menolak.Aku bisa milih cewek manapun yang aku mau.Tapi mereka belum tentu mau nerima aku.

Kalo memang pepatah barat yang bunyinya,"a man gotta do what a man gotta do" itu benar,berarti aku sebagai cowok haruslah melakukan hal yang patutnya dilakukan oleh cowok : berani melakukan suatu tindakan dan menerima konsekuensinya.

Doakan para pembaca sekalian,agar si penulis ini sukses dalam urusan percintaan.


Salam Ganteng

Bima Adi Priambodo

Menulis itu mudah

Blog ini sudah berumur 2 tahun lebih 1 bulan,dan kisahnya pun masih sama : Curahan galauku soal cewek yang gak pernah aku bisa dapetkan.Kisahnya sama,peran utamanya tetap aku,cuma latar sama antagonisnya (cewek) yang beda.

Masih keinget dulu,waktu nulis di fs sama fb pertama kali postingan gak jelas tentang kegiatan nganggur,membuntu ria setiap hari,bla bla bla kayak orang gila gak jelas.Ada yang bilang lucu,jayus,garing,konyol,bodoh segala macem aku gak peduli.Aku menulis buat ngungkapin apa yang ada di pikiranku.Kecuali kalo misalnya aku cerita soal cewek yang aku sukain secara panjang lebar,lain lagi.

Dulu pertama nulis,masih inget dulu zaman SD aku bikin cerpen ngaco di sebuah notes kecil seukuran 10x8 cm.Kisahnya ngawur,konfliknya abstrak.Masih inget satu dari judul cerpen di notes itu,"Sang penghasut".Jadi ceritanya ada seorang anak yang punya persuasion skill yang jago,saking jagonya dia bisa jadi anggota DPR ,hahahaha.Trus,pernah nulis lagi cerita semi-diary yang nyeritain pengalamanku bangun malem di rumah trus dikagetin ibuku.Dari situlah,aku merasa (dan orang sekitarku juga merasa) kalo aku ini punya bakat nulis.Entah karena mata mereka rabun atau mereka gak punya kerjaan lain,katanya tulisanku ini bagus,walaupun masih perlu diasah.

Setelah bertahun-tahun lamanya ,aku pun pindah haluan dari menulis jadi hobi menggambar.Gambar-gambar pertamaku jelek,gak mirip sama obyek aslinya.Kalo obyeknya matanya noleh ke kiri,aku malah ngegambar noleh ke kanan.Kalo gambar orangnya berotot,aku bikin perutnya kaya berlipat-lipat lemak.Tapi,gambar yang jelek itu pun,bisa diasah dari waktu ke waktu,sampe jadi yang sekarang-sekarang ini (walaupun masih jelek).

Baru pas umur 16 tahun,aku nulis lagi.Pertamanya,aku nulis di blog yang disediain friendster.com (btw friendster sekarang udah jadi situs gaming gak jelas,jadi jangan coba dibuka).Jadi ceritanya aku nulis tentang cewek yang aku sukain pas pertama kali masuk SMA,inisialnya L.Aku cerita panjang lebar,gimana labilnya aku gara-gara dia bla2 segala macem.Terus yang aku gak tau adalah,posting tersebut bisa dibuka secara onlen lewat mbah google,dan temenku otomatis ada yang ngeliat.Udah gitu ada juga orang yang komen dan sok kenal "hehe,bim nasib kita sama cuma bedanya dia sekarang jadi pacarku".

Kampret.

Setelah kenal yang namanya facebook,akhirnya friendster pun tertinggal jauh.Di facebook ini,ada fitur notes yang memungkinkan member untuk sekedar nulis sesuatu,dan kerennya tulisan itu bisa di-tag.Akhirnya aku tag temen-temenku ,dan aku minta pendapat mereka dan aku bakal bilang "aku bakal nulis gak jelas selama aku masih gak jelas".Ada temen yang ketawa,nganggep tulisanku ini konyol,dan yang lebih ekstrim lagi "coba dibukukan kaya Raditya Dika aja".Aku langsung kaget.

Dibukukan ? Tulisan abstrak galau ini ? Gimana kalo aibku keungkap semua ? Gimana kalo orang diluar sana tau,bahwa ada seorang anak yang pacaran cuma sekali,dan ditolak berkali-kali ? Dan galaunya itu,gak jelas ngegalauin cewek atau cowok ? Bingung.Akhirnya aku mutusin buat gak pake acara ngebukuin tulisan di blog ini kaya Raditya Dika.Besides,menurutku tulisanku ini kurang wah.

Setelah curhat sekian lama di FB,aku pun kepikiran buat nge-blog.Pertamanya blog mahakuper ini aku kasih nama lonelywolfinthedark (cari di posting anjing bicara).Tapi karena menurutku terlalu panjang dan orang-orang bakal kesulitan ngingetnya,akhirnya aku kepikiran sama suatu hal yang serupa sama serigala,yaitu anjing.Dan untuk mendobrak nama,aku pilih
nama yang ajaib,aneh dan yang tercetus di kepala waktu itu adalah anjingbicara.

Ya,inilah anjing bicara,blog dari seorang anak bernama Bima Adi Priambodo.Remaja krisis identitas yang sibuk bertualang mencari cinta sejati.Dalam pencariannya ini,si Bima yang mengidentikkan dirinya dengan anjing (setia,suka ngiler dan pipis sembarangan) selalu memuntahkan pemikirannya di blog ini.

Bahkan waktu nulis pun,aku sumpek.Beberapa jam setelah ini,aku bakal ada kuliah pagi.Semoga masih bisa bangun pagi huhuhu.

Kembali lagi ke urusan tulis menulis.Jadi selama ini,aku suka nulis,baik itu nulis di blog,artikel kecil-kecilan,novel yang gak pernah tau kapan selesainya,puisi,lagu de el el.Jeleknya disini adalah,apa yang aku tulis gak pernah aku sayembarakan,karena aku terlalu malas dan suka menunda-nunda pekerjaan,akhirnya kesempatan yang bisa diraih itu pun hilang.Tapi bukan berarti dari situ aku langsung down.Aku pelajari terus,apa kurangnya tulisanku ini,dan aku usahakan nanti tulisanku di masa mendatang bisa pebih baik.

Harapanku buat orang yang ngebaca posting ini adalah,jangan pernah putus asa karena kamu dikatakan tidak punya bakat,dan juga jangan malas buat ngembangin diri.Tetap semangat ,kamu pasti bisa :D .

YO NULIS YO !!

Wayang (pt.2)

Wayang pandawa lima.Kiri ke kanan : Puntadewa (Yudhistira) ,Werkudara (Bhima),Arjuna,Nakula (juga Sadewa;2 wayang ini kembar)

Gak semua orang di Indonesia tau,seperti apa pewayangan itu,seperti apa tokohnya,dan bagaimana kisahnya.Bahkan gak semua orang di Indonesia tau,wayang itu apa.Miris,sebenernya mengetahui fakta bahwa kebudayaan yang kita punya ini gak banyak diketahui.Seorang temanku pernah bilang,bahwa wayang ini gak punya nilai jual (that's why i don't like you!) ,jadul dan berbagai alasan yang merendahkan wayang ini.

Wayang ,kayak kita tau adalah suatu kegiatan yang melibatkan wayang (shadow puppet),sang Dhalang (shadow puppet master) dan satu hal yang jelas,para penonton.Kalau di zaman dahulu kala sebelum agama hindu masuk di sela-sela kehidupan masyarakat Indonesia fungsi wayang dipakai buat manggil roh nenek moyang,setelah masuknya agama ke Indonesia,wayang digunakan sebagai media untuk dakwah tentang ajaran agama.Karena itu,kisah epik tentang nilai luhur yang bernama Mahabharata dan Ramayana masuk ke Indonesia.Wayang disukai,karena wayang sendiri merupakan perwujudan ,refleksi ,atau bayangan (istilah wayang berasal dari bayang) dari kehidupan manusia sendiri.

Menyukai kesenian warisan bangsa,bukan berarti kita ini jadul,oldschool dan katrok .Bukankah menyukai suatu hal yang kita percaya membawa kebaikan,adalah hal yang baik ? Daripada aku ngikut anak muda zaman sekarang yang cenderung meninggalkan identitas mereka sebagai pemuda Indonesia,lebih baik aku gak ngikutin mereka.Bukannya mau munafik dengan mengatakan kalau aku ini gak ikut-ikutan hal demikian,tapi aku punya prinsip tertentu yang membatasi diriku sendiri.Aku harus membentuk jati diriku sebagai orang Indonesia dengan menjunjung tinggi hal yang khas Indonesia.Karena manusia yang lupa jati dirinya,itu sama saja dengan orang yang hilang ingatan.

Wayang adalah salah satu contoh dari warisan nusantara yang "nyaris hilang" ,karena minimnya sosialisasi dari kita dan juga pemerintah.Kemasan yang baru,yang diolah dengan cara yang lebih kreatif dan sesuai dengan selera masyarakat masa kini,bisa jadi cara ampuh untuk mempertahankan kebudayaan ini.Patut dipuji karya-karya anak bangsa yang menghidupkan warisan nusantara ini dengan gaya mereka,dan salah satunya adalah komikus muda yang mencipta komik yang berjudul Garudayana,yang bernama Is Yuniarto.Walaupun pada beberapa dekade sebelumnya sudah ada komik yang menjadikan kisah pewayangan sebagai inti utama dari ceritanya (seperti karya R.A. Kosasih) ,namun baru dalam 3 tahun belakangan ini karya-karya tersebut mendapat pembaharuan ala pop culture

karya R.A. Kosasih


Garudayana by. Is Yuniarto

Memang kesenian ini mulai memudar,tapi tidak berarti lenyap.

Hope

Mungkin ada diantara pembaca yang pernah dengar kisah tentang Kotak Pandora dari peradaban Yunani Kuno ? Suatu hari,para dewa menciptakan seorang wanita bernama Pandora buat mengisi Bumi.Dia dititipi suatu barang berupa guci (sebenernya kotak pandora itu guci),yang gak boleh dibuka sama sekali dalam keadaan sesial apapun .Karena penasaran sama isinya ,lantas pandora ngebuka kotak itu,dan mulai muncul kejahatan di muka bumi.Hampir semua isi kotak tersebut berhamburan keluar,kecuali satu hal,yaitu apa yang kita namakan harapan.

Berharap itu gratis,gak bikin capek dan mudah. Disaat semuanya telah lenyap,yang tersisa dalam diri kita cuma secuil harapan.Nah,dengan dasar pemikiran seperti itu,aku sadar bahwa seburuk apapun keadaan,kita jangan berhenti berharap.Dan yang jelas,harapan juga diisi dengan usaha,atau perjuangan biar bisa jadi kenyataan.

Disaat kalian semua merasa kalut,dan hampir tidak bisa melakukan apapun untuk menghadapi permasalahan kalian,berharaplah.

Mengutip kata-kata Tim Robbins dalam filmnya Shawshank Redemption (1994) :"Remember Red, hope is a good thing, maybe the best of things, and no good thing ever dies. "

Sebuah pertanyaan

Apakah kata-kata yang aku ucapkan,segala perbuatan yang aku lakukan,salah ? Apakah,aku sebagai seorang manusia,sebagai seorang temanmu,telah melakukan kesalahan ? Janganlah kau buat diriku terjebak dalam kekalutan.Aku mohon ungkapkan segala cela maupun kejahatan yang (mungkin) telah aku lakukan.

Dari temanmu,yang dilanda kebingungan.

*Dedicated for MDP

About a Friend

Biasanya,aku di lingkungan baru,selalu bingung nyari temen yang sepaham,dan karakternya aneh.Yah,dan pada umumnya aku gak pernah nemuin yang serupa,dan ujung-ujungnya aku jadi pemberontak dan jadi orang yang acuh.

Tapi,alhamdulillah aku nemu sejumlah teman yang abstrak,aneh lagi maha geje.Mereka adalah Tyan dan Yordhan.Mereka ini adalah tipikal anak-anak labil yang kalo lagi buntu,pikiran dan tindakannya suka aneh-aneh.Tyan yang suka nyanyi dangdut,dan Yordhan yang selalu galau dan suka bertindak ala anak autis ini memang kadang bikin mangkel,tapi juga ngangenin.

Selain mereka berdua yang aneh itu,aku punya temen sejurusan yang sama-sama edannya.Si Cahya Ramadhan alias Camad,Camat atau Cabul bermartabat,sama si Agradi Aryatama alias Gredy.Mereka lebih tua dari aku 1-2 tahun,tapi sedengnya serupa.Si camat yang sepaham sama aku,yang mesumnya tingkat dewa,dan Gredy yang sama-sama diam menghanyutkan kaya aku.Wah,hidupku ini diwarnai oleh orang-orang abnormal yang gak karuan.Jangan-jangan itu semua membuktikan kalo diriku ini aneh -_____- .

Aku bersyukur aku punya teman seperti mereka.

Nirvana songs

If there's Something in the way,Let's do some Territorial Pissing.Meanwhile we're enjoying Heart-Shaped chocolate Box and some Pennyroyal Tea,the cherry was in Bloom.My friend came and they said,"Help me ! I'm Hungry !" Then,we talked something About a girl.Well,i talked about me and her,what we're doing On a Plain.I told 'em,"i said,'Do you Love me?" and she just laughed loudly.Man,what a Downer.I asked them for their Opinion,but you know what ? He said i was too Dumb that i can't even say something right.Even in His youth,he didn't do such thing.

The next day,Floyd the barber came to me and offered me free haircut,if i could get rid the whores he hid so good from his wife.I came to 'em,and they said,"Rape me!! Let's do Pay to Play!! ".Man,what a weird day.

I guess what people said about love is quite rational.I mean,it will Drain You,turn you into such Negative Creep,freak.Oh,the guilt really fucked me up.Life sucks,smells like teen spirits.

Danbo si manusia kardus

Tau Danbo kan ? Itu loh,yang karakter manga yang terbuat dari kardus box amazon.Akhir-akhir ini lumayan ngetrend .Danbo yang merupakan kepanjangan dari Danboard,yang diadaptasi dari karakter manga ciptaan Azuma Kiyohiko ini punya daya tarik tersendiri.Harga barang ini sekitar 500,000 rupiah per itemnya,itungannya mahal banget buat kantong anak muda indonesia -___-.Kalo mau pesen,mesti lewat website amazon dulu -__-

Seperti apa si danbo itu ?





(yang terakhir ini gue banget)

Palsu

Sudah,mati saja sana
Jangan kembali lagi
Aku tak tahu dimana cela ini
Sudah cukup aku dengar rayuan palsumu

Semuanya palsu
Palsu
PALSU

Biar kubunuh bangsat itu
Biar dia jatuh luluh melepuh
Tertindih pilar-pilar batu
Cintaku tertahan oleh waktu

Memo

Just blocked your twitter™ ,and currently trying to block you out of my mind.

Against domination

Dikatakan manusia itu punya ciri khas,punya karakteristik tersendiri,yang menjadikan dia itu berbeda dari orang pada umumnya.

Dengan dasar pemikiran itu,dalem benakku timbul suatu pertanyaan :

Bagaimana kalau semua makhluk hidup di dunia ini,bahkan termasuk manusia di dunia ini sama semua ? Identik dan tidak punya perbedaan ?

Jawaban itu,aku dapet waktu Masa orientasi Mahasiswa baru bulan Agustus kemarin.Si Dosen pembicara dari Prodi Hubungan Internasional ngasih kami gambaran tentang globalan tisasi,yang diperkirakan membuat manusia-manusia di dunia menjadi satu ragam,didak punya keberagaman.Si Dosen pun ngasih kami suatu referensi film,yang ada hubungannya sama Globalisasi.

Film tersebut adalah the Matrix.


(Trinity,aku mau jadi budakmu)

Satu aspek dari film yang beliau tekanin adalah keberadaan tokoh yang namanya Agent Smith.Agent Smith di dalam film ini adalah ibarat pemusnah bug dari suatu sistem komputer.Dia kuat ,berkuasa dan gak segan-segan membunuh orang yang menghalangi.Sedangkan kalau dikaitkan sama kehidupan kita sekarang ini,AgentSmith ini ibarat negara adikuasa.Dengan kekuatannya sendiri,Agent Smith bisa menggandakan dirinya sebanyak mungkin,buat nyerang neo,si juru selamat yang dianggap sebagai bug tadi.

Faktanya sekarang,negara Adikuasa sudah menancapkan kuasanya di berbagai negara.Bidang ekonomi,politik,sosial dan kebudayaan masyarakat dunia mulai terinfeksi,lalu meninggalkan karakteristiknya sebagai suatu bangsa,dan pada akhirnya negara-negara tersebut akan menjadi hasil duplikasi dari negara adikuasa tersebut.


(Hugo Weaving garang banget)

Sebagai manusia juga,kita gak boleh ikut terkontaminasi dominasi seseorang dalam hidup kita.Kita sebagai manusia punya ciri khas sendiri-sendiri,jangan biarkan dominasi seseorang,atau bahkan suatu kelompok mempengaruhi diri kita.Berdirilah sendiri,temukan jati diri,dan ekspresikan dirimu seperti yang kau mau.



Kill me

Death is not the answer.

Lasting Pain won't heal or getting better.

Escaping makes it worse.

Since i have no more purpose.

Lord ,take my soul away .

'Cause i've thrown my hope away.

Suicide is the best way.

Deep inside this tomb,my body lays.

Somebody,please kill me.

Calling over and over,kill me.

Komting

Waktu ospek jurusan kemarin,aku mengajukan diri,dan dipilih anak-anak seangkatanku buat jadi Komting.Iya komting,si komandan tingkat itu,yang kerjaannya mimpin maba-maba seangkatan,menjadi penghubung antara angkatanku sama angkatan diatasku.Kalo ada problem apa-apa yang kena adalah si komting.Ibaratnya,komting itu sebagai babu,atau kambing hitam kalo ada masalah.Hampir setiap fakultas dan jurusan di suatu universitas punya komting,dan bahkan di Unair ini juga ada,dan sialnya komting itu aku.

Setidaknya aku bersyukur,masih bisa berguna buat temen-temenku :D .Ini baru masa-masa awal,jadi aku harus bisa maksimal 


Life is just another game


Hidup kita ini seperti sebuah game.Tuhan adalah sang pencipta,dan designer dari game tersebut.Kita individu,adalah pemeran utamanya.Kita semua merupakan tokoh-tokoh yang direka Tuhan untuk menjalankan peran kita masing-masing sebagai penguasa bumi.Dalam menjalankan tugas tersebut,Tuhan memberi kita quest berupa cobaan-cobaan serta ujian yang berat agar kita menjadi lebih kuat dan melangkah ke level berikutnya.Di level terakhir,ujian yang kita hadapi akan semakin berat.Skill-skill dan segala hal yang kita peroleh di level-level sebelumnya harus kita gunakan.

Game pada umumnya terbagi atas sejumlah Genre,tergantung dari konteks permainannya.Ada yang berupa sport,action,adventure,role playing game,arcade,strategy dan sebagainya.Sama dengan jalan hidup kita,jika kita seorang olahragawan,maka hidup kita akan seperti game sport,dan jika kita adalah seorang presiden,hidup kita akan seperti game strategy,dan seterusnya.

Terkadang,game dilengkapi dengan cheat,atau disebut cara curang maupun walkthrough ataupun jalan pintas,sebagai sarana untuk mempercepat jalan kita menuju level terakhir,atau menjadi lebih kuat.Tapi seperti yang kita ketahui bersama,cara curang seringkali membuat game serasa hambar,tanpa perjuangan dan seringkali membuat bug atau gangguan dsb.Sama seperti hidup kita,jalan pintas banyak tersedia (entah dalam bentuk apa) agar hidup kita jadi lebih mudah,namun konsekuensinya juga sama seperti contoh tersebut.

Hidup ini memang seperti sebuah permainan,namun jangan bermain-main dengan hidup.

Rise of the planet of the apes


Tahu film ini kan ? Bulan agustus kemarin,film ini dirilis di amerika,dan baru dirilis di indonesia sekitar bulan september lalu.Film ini beda sama film pendahulunya,yaitu Planet of the Apes yang menceritakan bagaimana jika dunia dikuasai sama kera,dan manusia jadi budak.Film ini menceritakan bagaimana pergerakan awal-awal kera cerdas menjatuhkan manusia.Film ini dibintangi sama James Franco,Tom Felton ,Freida Pinto.

Berawal dari penelitian tentang obat alzheimer yang dilakukan sama si ilmuwan muda Will Rodman.Setelah terjadi kekacauan di lab yang mengakibatkan simpanse percobaannya mati,Will lantas ngebawa anak yang dilahirkan sama simpanse tadi ke rumahnya.Setelah tumbuh dewasa,will baru sadar kalo si Simpanse yang dia kasih nama Caesar ini kecerdasannya diatas normal,dan akan terus berkembang.

Setelah nonton film ini,aku jadi tersadar akan satu hal : bagaimana jika dominasi manusia di bumi benar-benar digantikan mereka ?



Speak up

Ketika seseorang dirundung masalah,dan dia mengatakan bahwa orang di sekitarnya tidak peka,sesungguhnya dia salah.Karena hal yang paling tepat agar orang bisa mengerti adalah dengan kita mengungkapkan pikiran kita,walaupun nantinya orang lain tidak paham secara langsung,

Speak up,cause silence isn't loud.


*dedicated for my friend MDP

Feel the same

Do you feel the same?
Do you feel the same?
Do you feel the same?
Cause i do

Lady,Will you tell me ?
Lady,Will you tell me ?
Lady,Will you tell me
That you feel the same ?

*female voice

Oh i do feel the same
Oh i do feel the same
And i do feel the same
I love you

Kata yang tertahan

Kita telah lama saling mengenal,dan aku pun pada akhirnya memiliki rasa terhadapmu.Suka,itulah kata-kata yang tepat untuk menjabarkannya.Aku suka caramu bermanja-manja padaku,caramu tertawa ketika aku melontarkan canda dan tawa.Aku suka caramu menyemangatiku,disaat aku lapuk.

Ya, aku menyukaimu. Itulah kenyataan yang tak bisa kupungkiri,walaupun aku sempat menepisnya.Aku tak mau menjadi munafik,dan lagi aku juga tak bisa menolak panggilan hati,dan panggilan hati bahwa kau memang tercipta untukku. Aku tidak tahu,apakah ini adalah kehendak yang khalik atau bukan,namun aku mencoba mempercayai bahwa kau memang jodohku.

Aku menyayangimu,memperlakukanmu seperti seorang wanita yang sesungguhnya.Aku tak mau memanjakanmu,dan aku juga tak mau memujamu secara berlebihan.Aku mencoba memberi perhatian lebih,namun terlihat wajar.Itu semua agar aku bisa terus berdekatan denganmu.Aku meneleponmu di malam hari,menyatakan rindu,bercanda ria hanya agar aku bisa mencurahkan perasaan sayangku kepadamu.

Dan kaupun,terikat kepadaku.

Namun,tersadar dalam benakku bahwa aku juga harus berhati-hati.Aku tak mau mengulangi pengalamanku yang terdahulu,masa ketika aku menyatakan cinta pada sahabatku,dan dia tak mau menerimanya.Kau juga sahabatku,dan aku takut kalau nanti kau juga tak bisa menerimanya,dan kita pun menjauh.

Aku tidak mau pertemanan kita rusak.

Karena itulah aku telah memikirkan cara yang terbaik.Walaupun nantinya hubungan pertemanan kita bisa rusak,aku berjanji bahwa aku akan selalu ada untukmu.Aku adalah bayanganmu,aku berjanji akan selalu ada,dan hanya akan meninggalkanmu disaat aku mati nanti.Aku hanya ingin,kau bisa menjadi sahabatku,juga kekasihku.

Hampa

Hampa
Hampa
Hampa
.....
....
...
..
.
Ah!!
Hah !!
Pergilah kau,kosong!!
Jangan dekat aku!!

aku tak mau "mati"
Aku juga tak mau hidup seribu tahun lagi

RKD

Resah,sendu tanpa sebab
inilah rasaku,tanpa udang di balik karang
nelangsa,merana,sembab,terjerembab
dalam logikaku jauh menerawang
usul ditepis,saran dibuang

Kututup rungu dan netra
enggan rasanya,garganta ini 
perasaan kalut,ritme tak menentu
ah, susah! benci!
dimana susahnya?
apa sebab? apa aralnya?

Dios,harapanku cuma satu,bukan dua
ia menjadi bayangku
raganya jadi ragaku
itu sulitkah?
menjadi bayang bagi ragaku
untuk menopang surya

N dan H 
asaku,anganku
Bila aku ungkap
ini tamat!!
lalu  lalang lenggang kangkung
aku pun menatap tanpa pernah berpaling..

pertanyaan aneh

Manusia itu beretika,punya tata cara berperilaku.
Maling itu manusia.
Apakah maling itu beretika ?

Kuliah di FISIP Unair itu..

Satu hal yang jelas,kuliah adalah masa-masa dimana seorang siswa dari SMA digodog sedemikian rupa menjadi Mahasiswa.Mulai dari berpikir kritis,belajar aktif,de el el.Kebetulan FISIP Unair jadi tempatku dimasak.Entah nanti jadi ayam goreng yang enak dan disukai banyak konsumen,ataupun ayam gosong yang dipandang sebelah mata,aku nggak tau.Emang kalo ngomongin makanan jadi susah fokus.

So,here i am,trying to be a college student.



Yang jelas,masa-masa pertama menjadi Mahasiswa,kami gak diperbolehin dulu ngambil mata kuliah yang pengen kami pelajari.Karena menurut seorang dosen,"kalian membuat film,dokumentasi,jadi pembawa berita itu sebenarnya bisa langsung.Tapi alangkah baiknya kalau kalian menguasai dasar-dasarnya dulu".Yah,begitulah hidup yang enak.Susah dulu,baru senang kemudian.

Yang namanya kuliah itu,paling tepat untuk nyari-nyari kenalan atau temen.Pertama kali,aku kira anak jurusan Ilmu Komunikasi itu tipikal anak pendiam semua.Dan ternyata,ekspektasiku salah.Banyak banget anak yang cerewet,supel,dan kocak di sini.Yang pendiam sih ada,tapi dibalik itu semua,tetep aja kelakuan bejat.Aku orang yang fleksibel,kalo kumpul sama anak baik-baik,jadinya baik.Kalo sama anak yang rusak,aku jadi anak yang sangat rusak.Yang jelas,temenku gak monoton.Temenku ada yang dari A-Z.Maksudnya,mereka beragam banget.

Hal paling canggung adalah,ketika kamu kenalan sama seseorang yang kenal sama temanmu.Secara tidak langsung,itu membuktikan bahwa pergaulan kita itu sempit.Kaya misalnya,aku punya temen sejurusan,cewek.Ternyata,dia temennya temenku sebangku SMP dulu.Ada lagi temenku yang ternyata kenal sama mantan pacarku.Dunia ini,memang sempit.

Mata kuliahnya so far menyenangkan,karena gak ada acara ngitung-ngitung gak jelas,huehehe.I hate calculating something.

Hope i'll make it to the top.I'll run the world,and i won't stop.

Move on

Ya,move on,berpindah ke tempat yang baru.Istilah move on ini sering digunakan untuk orang yang ingin pindah ke lain hati,melupakan semua yang telah dilalui bersama seseorang yang berarti buatnya.

Sudah 3 taun ya,semenjak aku pertama kali ngechat ngalor ngidul sama dia,curhat,ngobrolin kegemaran kita,ngomongin ini itu sampe malem bahkan pagi.Masih inget juga masa-masa dimarahin ibu sama mbakku soalnya aku kebanyakan chatting sama dia sampe berjam-jam.Sedari awal chat pun rasa itu juga belum tumbuh,karena aku sadar,kalau dia juga punya seseorang yang dia tunggu di luar sana.Aku cuma bisa nahan perasaan itu dalam-dalam.

Ironisnya ,kami gak pernah ketemuan langsung.Pertama aku ketemu sama dia juga,pas SMP dan itu jaman aku masih cupu-cupunya.Masih belum bisa berkomunikasi dengan normal.Di SMP dia juga pendiam.Dia bukan tipikal cewek wah yang kemana-mana selalu ngeceng sama cowok ganteng dan populer,dan ngetawain orang mabok.Dia cuma anak pendiam yang lebih nyaman sama kerumunannya sendiri.Dia nggak suka keramaian,karena itulah aku jarang ngelihat dia waktu SMP.Dulu kami sama-sama ikut ekskul drum band.Aku pemain trombon,dan dia anak colourguard (itu lho yang megang umbul-umbul).

Aku inget,kata-kata pertamaku ke dia kira-kira kayak gini :

*keterangan : B = Aku , C = Dia

B: Kamu,anak colourguard ya ?
C: Iya,kenapa ?
B: Pantes aku kok nggak pernah ngeliat kamu,gak ngeksis
C: -___-


Sungguh kata-kata yang bodoh.

Sesudah itu,kami gak pernah ngomong-ngomong layaknya orang normal.Aku adalah tipikal orang yang suka keramaian,tapi ada kalanya aku pengen sendirian.Dan dia,bukan tipikal orang yang suka keramaian.Dan sejak hari itu,kami tidak pernah saling bercengkrama.Benar-benar mabok -____- .

Baru ada kontak lagi,juga dari suatu situs pertemanan yang namanya friendster.Waktu itu kira-kira tahun 2008 akhir.Kami saling ngasih testimoni (comment) ,dan ujungnya aku minta nomer mxit-nya (yang gak tau,mXit itu aplikasi chatting buat hp).

3 tahun,kami terus ngechat.Dari Frienster terus berkembang ke Facebook.Di FB kita wall-wall an dan chat sampe lama.Baru di kelas 2 SMA itu aku punya Yahoo! Messenger ,aku ngechat sama dia panjang lebar.Sampai ketika suatu hari,aku ngerasakan sesuatu yang asing.Dan pada endingnya aku dengan gobloknya menyatakan bahwa aku cinta sama dia.Tapi seperti yang sudah-sudah,perasaanku gak bisa diterima.

Dan walaupun aku bilang,apa gakpapa aku punya perasaan ini ? Apakah akan mengganggu ? Dia bilang enggak.Dia cuma nggak mau terlibat dalam cinta semu AKA pacaran ini.Aku pun maklum,dan aku cuma bisa nyimpan perasaan itu sendiri.Dia cuma nganggep,kalo aku ini seperti kakaknya sendiri.Seperti matahari yang menyinari hidupnya.Mungkin kedengarannya lebay,tapi faktanya begitu.

Setiap hari aku mikirin dia terus.Aku merasa dia itu adalah seseorang yang lama aku cari.Seseorang yang bisa memahami,nyambung dan ngebuat aku nyaman.

Dan aku pun,mulai bener-bener jatuh cinta.


Di masa-masa itu,hampir setiap hari setelah itu,aku banyak ngomongin ngalor ngidul tentang cintaku ke dia.Mulai dari yang alay-alay sampai yang serius,pernah aku tulis.Di blog,dan yang terbaru,di Twitter ,juga aku tulis semua tentang rasa cintaku ke dia.Tapi,dari situ juga aku belajar bahwa mengungkapkan perasaanmu melalui dunia cyber bukanlah hal yang baik.

Di twitter,dia adalah seorang stalker,yang berarti seorang penguntit (tanpa unsur pornografi) .Dia ngawasin timelineku juga,ngecek-ngecek aku nulis apa,apa yang aku lakuin hari ini ,dsb.Dan aku,juga ngelakukan hal yang sama.Aku pun juga nge-stalking twitternya.Aku mengamati,seperti apa dia itu.Aku juga sms-an sama dia tapi gak sesering chatting.


Dan suatu ketika,tanpa alasan yang jelas (dan aku lupa kenapa) ,twitter-ku dia block.

*brb nangis darah.

Aku gak tau apa sih yang udah aku tulis,atau aku lakukan kok dia sampe nge-block twitterku.Memang sih,kedengarannya tweetku itu lebay,tapi masa segitunya sih.Is that really annoying ? Cuma dia yang tahu,rasanya ngebaca tweet begituan itu seperti apa.

Dapet 1 bulan,aku pun nge-sms dia.Aku minta maaf atas ketidaknyamanan yang aku buat di twitter.Dia maafin aku,dan dia juga minta maaf.Karena dia orangnya sensitif dan gak bisa cuek dengan kelakuan orang,juga labil.Dan kami pun saling membuka tali silaturahmi yang sempet keputus.

Kami pun lanjut cuma ngechat ngalor ngidur dan sebagainya.Aku terus mikir-mikir,bahwa dia itu adalah orang yang berarti buatku.Dia secara tidak langsung,ngasih tau aku,seperti apa rasanya jatuh cinta,walau dia sendiri gak jatuh cinta sama aku.Aku merasa lebih nyaman begini,walaupun kelihatannya seperti "mencintai tanpa dicintai",aku cuek aja.What makes me comfortable,wont hurt me.

Aku merasa dia adalah wanitaku,wanita yang nantinya bakal jadi makmum buatku,dan ibu bagi anak-anakku.Aku udah meyakinkan dalam diriku,kalo nanti,aku sudah jadi hokage (lho?) ,aku bakal ngelamar dia.Aku meyakinkan diriku kalo aku harus bisa ngebahagiain dia.

Aku gak tau dia memandang aku ini seperti apa.Yang jelas aku sudah mencoba segala cara untuk menunjukkannya (walaupun gak secara langsung) ,bahwa aku ini layak untuk dipercaya.Tapi,namanya juga manusia,ekspektasi tidak selalu sesuai dengan kenyataan.

Tweetku pun di block lagi.Dan untuk alasan yang kedua kalinya ini,aku gak tau sama sekali.Totally lose control.

Postingku yang judulnya Reasoning,adalah ungkapan hatiku buat ini semua.Aku banyak-banyak mikir,apa dosaku ke dia.Kenapa aku bisa dibegitukan sama orang yang berarti buat hidupku.Dia ngasih kisah romansa masa SMA-ku ini dengan hal-hal yang gak pernah aku bayangin,walaupun secara tidak langsung.

Dari dia aku mengenal imaginary love.Cinta itu hanya ada di khayalan dan perasaanku.Di imajinasiku,dia ada,dia begitu hidup.Perasaan itu juga sama.Didalam imajinasiku,rasanya semuanya nyata.Orang lain tidak akan bisa melihat,karena yang merasakannya cuma aku.


Aku baru-baru ini ngerasa,kalo aku harus move on.Aku harus pindah ke lain hati.Walaupun sering dikata aku ini suka banyak orang,yang bener-bener aku cintai cuma 1 orang dan orang itu seringkali aku bahas di blog ini.Aku udah mikir berkali-kali,dari pagi sampai malem bahwa aku memang jatuh sama dia (maksudnya bukan nindihin badannya -_-) .Sejauh ini,dia adalah orang yang bisa bikin aku diem nunduk kaya anjing habis ditinggal tuannya.

Kalo ditanya alasan kenapa aku bisa jatuh cinta sama dia,aku juga nggak tahu.Dulu awal-awal tumbuh rasa itu juga,dia pernah tanya kenapa aku bisa jatuh cinta sama dia.Aku yang belum yakin sama perasaanku,kontan ngejawab "kamu bisa mahamin aku".Singkat padat dan jelas,tanpa ada pikiran aneh-aneh.

Seiring berjalannya waktu dan kejadian-kejadian yang menimpaku membuat aku lebih dewasa,dan membuka pikiranku,"apa benar aku ini cinta dia karena dia bisa memahami aku?".Kalau memang aku cuma jatuh cinta sama orang yang bisa memahami aku,berarti aku juga bisa jatuh cinta sama ibuku,temenku cowok cewek dong -_- . Dan atas dasar pemikiran itu,aku tersadar bahwa aku bukan jatuh kepada dia hanya karena dia bisa mahamin aku.

Kalau dijelaskan dengan kata-kata ,cinta itu jadi mbulet.Lebih baik cinta itu diperlakukan seperti iman,diyakini dan dikerjakan.Orang lain boleh menggunjing,tapi toh yang tahu kan kita dan objek cinta kita.Sama kaya cintaku ke dia.Walaupun tidak pernah ketemu,tapi aku ngerasa cinta sama dia.Aku memang belum bisa berbuat,tapi aku sudah meyakini bahwa aku cinta dia.

Aku nulis move on gini,juga agak-agak bingung.Di sisi lain,aku gak mau ngelupakan semua memoria tentang dia.Di sisi lain,aku juga mikir kebaikanku sendiri,dan juga gimana masa depanku.Aku bisa aja ngubur semua itu,tapi aku gak mau.Semua percakapan itu,walaupun cuma via chatting,berarti buatku hahaha.

Semoga,nantinya dengan siapapun kami menjalani hidup (itupun kalo gak keburu kiamat di 2012),semoga kami bahagia.

Selamat juga buatmu,udah bisa kuliah di fakultas yang kamu mau ya :) aku juga turut senang.

*now playing - Jet - move on

yeah,i'm gonna have to move on
before we meet again
yeah it's hard
if you had have only seen
take control
don't be afraid of me

Something wrong

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H !! Minal Aidzin Walfaidzin,Mohon maaf lahir dan batin :D . Mohon maaf bila selama beberapa tahun ini,tulisan yang ada di sini pernah menyinggung pembaca,atau kalo ada yang tidak berkenan,mohon dimaklumi.Penulis juga manusia :D .Mohon maaf ya semuanya yang pernah saya buat kesal,saya buat enek,semuanya yang pernah saya utangin,saya mohon maaf.Yang merasa diutangin,jangan ditagih ya wkwkwk.

Lebaran hari ini aku habisin di kampung halaman tercinta,Indramayu sama kaya taun sebelumnya :D.Yah,sepi sih tapi asik aja lah.Lagipula,keluargaku di sini juga gak lama-lama amat.

Lebaran kali ini,agak beda dari biasanya.Selain ada perbedaan tentang hari Raya,juga ada hal lain.Selain uang THR yang menipis,rasanya ada yang berbeda dan aku nggak tahu apa itu.Entah karena bulan puasa ini kurang banyak beramal atau apa,kali yah makanya ngerasa gitu.Atau mungkin ada sesuatu yang lain ? Aku juga nggak bisa ngejelasin apa-apa.

Waktu mau sungkeman,aku mau nangis ngeliat ibu bapakku,tapi gak bisa nangis.Entah karena hatiku keras,atau apalah itu,pokoknya airmata itu susah keluar.Ibuku nanya,ada apa tapi aku gak bisa ngejawab.Rasanya aku punya dosa banyak ke mereka,tapi gak bisa nangis sedih.Entah kapan terakhir kali aku nangis karena sedih ya.Rasanya kaya jadi cyborg,gak bisa berairmata.

Something is wrong,and i can feel it.

Ada yang hilang

Pernahkah kalian berada dalam suatu kerumunan bersama teman-teman kalian,tertawa sampai mulut berbusa,namun kalian tetap merasa hampa ?Entah kenapa,meskipun orang-orang terdekat ada di dekat kita,namun kita tetap saja merasa ada sesuatu yang kurang.Apakah itu ? 

Orang barat menyebutnya "soulmate" ,dan kita bangsa Indonesia mengartikannya sebagai"belahan jiwa" (bukan belahan dada yaa -___-) . Belahan jiwa itu maksudnya adalah,bahwa jiwa kita sebagai manusia itu seperti puzzle yang kekurangan 1 keping agar menjadi utuh.1 keping tersebut,ada di diri manusia lainnya.


Dimanakah belahan jiwa itu berada ? 

Ada dua jenis manusia di dunia ini.Yang pertama adalah pria,dan satu lainnya wanita.Sama seperti cahaya dan kegelapan,kedua hal yang bertentangan ini saling melengkapi.Tidak ada pria,tidak akan ada wanita.Tanpa ada wanita,apa gunanya pria.

Pernah mendengar kisah tentang terciptanya manusia ? Dalam kisah itu,diceritakan bahwa manusia pertama,Adam diciptakan Tuhan dari tanah.Setelah Adam tinggal dalam waktu yang lama di Surga,dia merasa kesepian.Maka Tuhan menciptakan makhluk lain dari bagian tulang rusuk Adam.Makhluk tersebut adalah wanita pertama,manusia kedua dan ibu dari segala manusia di dunia,Hawa.

Seandainya apa yang diungkapkan group band Dewa 19 di lagunya yang berjudul "Dua Sejoli" itu benar,berarti seorang manusia itu pada dasarnya tidak perlu takut seandainya tidak mendapatkan pasangan,karena pasti kita akan mendapatkannya.

Tapi dibalik itu semua,pasti timbul pertanyaan besar.

Darimana kita tahu bahwa dia jodoh kita ? .

Kalau kita lihat di kisah cinta manusia zaman sekarang,kita tahu kalau jodoh itu pastilah orang yang mempunyai ketertarikan yang sama dengan kita,mempunyai sifat yang sama,ada perasaan saling suka bahkan sebelum berkenalan,dan lain-lain.

Semisalnya saja,kita bertemu dengan seseorang.Dia memiliki hobi yang sama,perangai,sifat dan karakter yang sama dengan kita.Kita merasa senang jika bersama dia,dan kita merasakan sesuatu yang berbeda juga,sampai pada saatnya kita meyakini bahwa dia adalah belahan jiwa kita.

Tapi apa itu benar ?

Apakah orang yang seperti itu pasti adalah jodoh kita ? Kalau misalnya kita menjalin cinta atas dasar persamaan,bukankah pasti tidak ada konflik percintaan,atau rumah tangga? Kalau sudah begitu pasti konsultan pernikahan,dan pengadilan agama pasti tidak laku karena rumah tangga yang tidak harmonis itu tidak ada.

Bagaimana kalau semisalnya karena persamaan ini,pasangan kita akan merasa jenuh,bosan atau hal lainnya?Bagaimana juga,kalau dia tidak merasakan hal yang sama dengan kita ?Dan seandainya kita berhasil menikah,namun tidak berjalan lancar ? Apakah itu tepat ?

Seandainya kita mengalami keadaan demikian,pastikan jangan terpaku terhadap satu orang saja.Ingat,habis gelap terbitlah terang.Pemadaman listrik yang dilakukan PLN pasti juga akan berakhir.Intinya,kita harus sabar mencari sama menunggu,pasti akan dapat.

Coba ingat juga konsep plus minus ala baterai.Kalau plus bertemu plus,tidak akan menghasilkan tenaga,begitu juga dengan minus dan minus.Setiap kelebihan pasti memiliki kekurangan.Kalaupun kita merasa ada yang hilang ,ingatlah bahwa belahan jiwa itu pasti akan datang dengan sendirinya.Lakukan dengan optimis :) .

*terinspirasi setelah menelusuri film 500 days of summer .

No need to change

Cara bercinta manusia jaman sekarang umumnya seperti ini.

Suka lawan jenis - PDKT - (kalo berhasil pacaran;kalo gagal ya itu derita lo) - Pacaran - Langgeng - Tunangan - Nikah .

Seperti yang kita tahu,bagian paling menyulitkan waktu menyukai seseorang adalah proses pacaran.Di periode ini,kita harus menyesuaikan keadaan diri sama orang yang kita "cintai".Yang jelas,kita harus jadi "pasangan idaman" buat mereka.

Kita harus menjadi orang yang peka,perhatian,pengertian,penyabar,penolong dan hal-hal lainnya yang bisa saja bertentangan dengan sifat kita.Terkadang sulit juga menjadi diri sendiri jika kita mendekati seseorang,karena jika "inner-self" kita ini tidak disukai,maka proses mendekati,apalagi kalau sudah pacaran,akan menjadi sulit dan membingungkan.

Penampilan juga menjadi momok buat kita yang tipikal natural (aka cuek) .Terkadang pasangan kita meminta kita untuk merubah penampilan kita,agar sesuai dengan keinginan mereka.

Contoh : Bernard adalah seorang cowok (bukan bernard beruang) ,yang biasa-biasa saja.Secara fisik,Bernard lebih mirip monster kappa berkacamata.Mulut maju,rambut berantakan,hidung pesek dengan kacamata miring sebelah (kalo ada pembaca yang postur tubuhnya kaya gitu,saya mohon maaf.Saya juga jelek kok) .


(namaku Bernard)


Sedangkan Nana adalah cewek cantik,baik,alim yang menjadi idaman banyak cowok.Suatu ketika ,Bernard "jatuh cinta" kepada Nana.Bernard berusaha mendekati Nana dengan segala cara,mulai dari sms,telpon-telponan,chatting de el el.Sampai suatu ketika Bernard memutuskan untuk menembak Nana.Nana pun menerima Bernard sebagai pacarnya.

Bernard mulai mengajak Nana untuk jalan-jalan AKA kencan .Disaat kencan pertama mereka,Nana menyuruh Bernard untuk menggemukkan badannya sedikit.Setelah beberapa bulan,Bernard pun menjadi gemuk (cepet banget gemuknya).Nana pun mengatakan bahwa dia sering risih sendiri melihat gigi Bernard yang maju,berantakan tidak beraturan.Bernard pun akhirnya pergi ke dokter gigi,dan memakai behel untuk membenarkan giginya.

Suatu ketika ,Nana mengatakan bahwa dirinya menyukai cowok yang tidak berkacamata.Bernard yang terdorong oleh rasa sukanya terhadap si cewek,akhirnya menggunakan kontak lens.Kini,Bernard bertransformasi dari kappa berkacamata yang jelek menjadi kappa berkontak lens yang sedikit ganteng.

Suatu ketika,Bernard diajak bicara oleh seorang temannya.*Keterangan : TB (teman Bernard).

TB : penampilan kamu udah berubah ,nard.
B : Semuanya demi Nana,dong.
TB : Uhh..Kamu nggak ngerasa risih ,jadi gini ?
B : Nggak,tuh.Kan aku bilang semuanya demi Nana.
TB : Bukannya gitu.Kamu nggak risih ,jadi orang yang berbeda cuma buat nyenengin Nana ? Apa Nana nggak bisa ,menerima penampilanmu apa adanya ? Apa kamu yakin ,dia bener-bener suka kamu ? Kalo dia bener-bener suka kamu,dia gak peduli kan kalo kamu ceking,pesek,atau apa deh".

Bernard yang mendengar kata-kata TB,bukan kata-kata bapaknya,mulai merenung.Akhirnya Bernard pun bicara panjang lebar pada Nana.Bernard baru tahu bahwa Nana memang tidak menyukai Bernard secara utuh.Ia tidak menyukai penampilan Bernard.Bernard pun meminta putus,dan Nana menyanggupinya.

Dari kisah diatas,bisa disimpulkan bahwa karena didorong oleh perasaan suka,orang bisa melakukan hal yang bertentangan.Orang bisa berubah drastis,hanya karena perasaan suka.Tapi ketika kita menyadari bahwa orang yang kita sukai tidak bisa menerima diri kita apa adanya,rasanya miris.

Mencari seseorang yang bisa memahami keadaan kita,menerima diri kita apa adanya,yang bisa mencintai kekurangan dan kelebihan kita itu sulit,sesulit mencari jerami diantara jarum.Yang bisa kita lakukan adalah menanti dan mencari.

Sebenarnya,kasus begituan nggak cuma kita jumpai dengan melihat orang pacaran aja,hubungan pertemanan juga.Terkadang,seorang teman kita meminta kita merubah diri,merubah penampilan kita.Kalau memang kita mempunyai sifat yang kurang baik,kita memang harus menguranginya,menahannya sebisa mungkin.Bukankah lebih baik kalau mereka bisa memahami,bisa mengerti,dan bisa menerima kekurangan kita ? .

Akankah lebih baik,jika kita menjadi diri kita apa adanya ? Kita bangga terhadap apa yang kita punyai ,tanpa perlu merubah-rubah hal yang sebenarnya tidak diperlukan ?Jangan biarkan kata-kata orang lain mempengaruhi kita.No need to change.

Marhaban Ya Ramadhan

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA !!!

Alhamdulillah,kawan kita masih bisa berjumpa di bulan Ramadhan ini.Bayangin,banyak kerabat,orang terdekat kita yang belum tentu bisa menjumpai bulan Ramadhan di tahun berikutnya.Kita termasuk orang yang beruntung,soalnya masih bisa ketemu sama bulan puasa,bulan penuh nikmat :D .

Belakangan ini,hidupku sebagai calon mahasiswa (ecieh) kaya orang nganggur luntang-lantung gak jelas.Hampir setiap hari aku habisin buat keliling-keliling nyari makan,ngopi,ngobrol sama temen-temen.Pokoknya,hidupku ala pengangguran gak jelas.Baru berapa hari yang lalu aku dapet KTM dari Unair,hahahaha #euforiaMaBa .

(aku bukan teroris...cinta)

Ngomongin tentang puasa,biasanya banyak kerabat-kerabat yang ngontak kita,entah itu lewat sms,notes di facebook,atau tweet di twitter,atau juga lewat BBM (baru ganti blackberry,haha) yang ngucapin selamat menjalankan ibadah puasa,menyambut hari ramadhan,dan juga mohon maaf.

Minta maaf,kok cuma di awal sama akhir bulan ramadhan ? Kan minta maaf itu bisa setiap saat ya,tapi ini kok cuma di awal sama akhir ramadhan.Apa mentang-mentang bulan ramadhan itu bulan istimewa,makanya cuma ngucapin maaf di bulan itu ? Bulan ramadhan udah kayak valentine's day aja kalo gitu.

Kalo kita perhatikan di Indonesia,terutama di daerah Jawa,masih banyak orang yang nyekar (ziarah) ke makam keluarga mereka.Banyak yang jauh-jauh pergi ke luar kota demi ziarah.Kalo kalian tinggal di daerah suburban,kalian pasti sering ngedenger sekumpulan anak muda yang keliling-keliling kampung,nabuh kendang,kaleng,atau benda berbunyi lainnya cuma buat ngebangunin orang sahur.

Bulan ramadhan dikatakan membawa berkah,itu memang bener.Lihat aja orang yang jualan makanan,jualan baju,jualan kebutuhan rumah tangga,semuanya pada ketiban rejeki karena permintaan meningkat.Masih banyak lagi orang yang ketiban rejeki di bulan ramadhan ini,salah satunya penjual petasan.

Disaat menjelang hari-hari besar,terutama bulan puasa ,masyarakat Indonesia sering main yang namanya petasan.Petasan itu sebenernya boleh-boleh aja dinyalain demi hiburan sesaat.Tapi bukan dinyalain disaat orang lagi khusyuk tarawih,bikin bising.Pernah ada kejadian di masjid deket rumahku,ada anak kecil main petasan,langsung diuber sama pengurus masjid.

Ramadhan itu disambut dengan sukacita yang positif,contohnya banyak-banyak beribadah,dan melakukan hal yang berguna.Bukannya main petasan.

Puisi bodoh

Kamu
Bukan dia,aku juga mereka
Jadi,siapa yang benar?
Siapa yang pantas,yang bisa kuandalkan,bukan rayuan?
Oke,aku mulai melenceng
Dan lagi,lagu Domino ini membunuhku.

Seandainya waktu ini bisa diulang
aku akan terus mengulang waktu dimana aku memperoleh uang banyak
lalu uangku terkumpul banyak dan aku menjadi jutawan
aku akan berfoya-foya keliling dunia,
berjudi di las vegas seperti orang gila
Tapi itu adalah hal yang bodoh.
Dan lagi tidak ada sangkut-pautnya dengan dirimu

Kalau bodoh itu berarti setia
Kalau bodoh itu berarti tetap mencintai
Maka aku tidak keberatan,dan tidak ada halangan buatku menjadi bodoh
Karena aku tahu,aku sudah bodoh.

Ibarat baterai,kita saling melengkapi satu sama lain
Kita berbeda arah,beda jalan
Aku jongkok,kau nungging
Namun jika kita berdua bersatu
Apapun bisa terjadi
Kita bisa menyalakan senter,menghibur orang dengan lagu lewat radio


Kalau misalnya kamu adalah warna putih
Maka aku adalah hitam
Ketika hitam dan putih bersatu,atau mengalami yang namanya gradasi warna
Akan terbentuk warna abu-abu
Abu-abu itu seimbang
Tidak condong ke hitam atau putih
Karena kedua warna tadi bersatu

Kalau kamu jadi pawang
Aku mau jadi binatangnya,
Karena kamu berhasil menjinakkan aku
Aku ini liar,gegabah,tidak tahu diri
Setelah mengenal kamu aku berubah

Ah,andaikan semua itu bisa terjadi,ya

Impian

Kalo aku udah tua nanti,impianku cuma satu : bisa ngeliat Nikita willy catwalking. *lho ? .Nggak,cuma bercanda aja (walaupun dalam hati juga ngarep-ngarep dikit).

Waktu kecil,aku punya banyak impian.Mulai jadi pemain bola,sampe jadi presiden Indonesia di tahun 2042.Dari jadi guru,sampe jadi rockstar kelas dunia,semua pernah aku impikan.Intinya,gak ada satupun profesi gak keren yang gak pernah bikin aku tertarik.

Tapi diatas semua impian itu,aku pengen ngelakuin sesuatu hal yang bermanfaat.Menolong orang kesusahan,melihat dan mensyukuri indahnya kehidupan.Intinya,aku pengen ngebuat hidupku lebih berguna bagi hidup orang lain.Biar aku jadi manusia sejati : momen hidup dan matinya bisa berguna bagi kehidupan orang banyak.Aku cuma mau,begitu aku meninggalkan dunia,aku sudah mewariskan hal-hal yang bermanfaat buat orang-orang.

Aku sempat mikir,"What makes a human human ? Apa yang membuat manusia menjadi manusia?" .Intinya adalah,apa saja yang membuat manusia menjadi manusia sejati?.

Ibuku pernah bilang,"Akal dan budinya,serta warisan yang ia tinggalkan di dunia".Apakah negatif atau positif,itu tergantung kita.Tapi,apa kita mau ninggalin warisan jelek di dunia ?Apa kita mau dikenang melalui budi baik kita,atau perbuatan jelek kita ? .

Tapi apa yang harus aku lakukan ?.Selama beberapa tahun ini,aku masih terus bingung,gak tau mau ngapain kalo udah tua nanti.Kalo dilihat selama beberapa tahun kebelakang ini,hidupku juga gitu-gitu aja.Luntang-lantung gak jelas,nyusahin orang lain.Kapan aku bisa ngebalik kehidupanku 180 derajat ?.

Sampai suatu ketika,aku dapet inspirasi dari sebuah komik.

Di komik itu,ada seorang tokoh tua yang selama hidupnya,ia banyak mengalami kegagalan.Gagal meraih cinta,menyelamatkan guru ,teman dan anak didiknya.Disaat dia melihat riwayat kehidupan para pemimpin di tempat tinggalnya,ia sempat berpikir : ingin agar disaat dia meninggalkan dunia nanti,dia ingin meninggal dengan terhormat seperti mereka.

Di saat-saat terakhir menjelang kematiannya,dia memutuskan untuk tidak menyerah,dan meninggalkan warisan (bukan harta lho ya) yang bermanfaat,agar anak didiknya bisa tahu.Setidaknya,disaat terakhir kematiannya,dia meninggalkan sesuatu yang berguna.Dan akhirnya,dia bisa meninggal sambil tersenyum.

I wanted to be like him.

Meninggal dengan tenang,terhormat dan bermanfaat selama hidup di dunia.

10 things about....

Sebenernya gak mau nulis ginian,tapi yah namanya menghargai orang ya :p.

1.Ngaret.Jikalau anda jarang menemui orang yang bisa molor sama waktu sampe parah,maka saya adalah orang yang bakal anda temui untuk pertama kalinya.

2.Moody.Kadang males,kadang bersemangat tergantung mood.Dan lebih seringnya bad mood.

3.Narsis.Suka membanggakan diri sendiri sebagai orang ganteng,padahal kenyataannya? Ganteng !! *ambil ember,muntah.

4.Sering dibilang homo.Nasib jadi jomblo gak laku-laku.Tapi kalo laku,itu pertanda buruk,karena saya bukan barang.

5.Pemimpi(n).Konseptor yang baik,tapi bukan organisator yang baik.

6.Sering dibilang judes ,padahal justru mereka yang bilang itu yang judes.Apaan sih gak jelas (lho kan judes).

7.Partner yang setia.Mau jadi mitra kerja?Bandmate,atau mungkin soulmate saya? Saya pasti selalu bisa membantu.Kecuali disuruh copot baju ataupun mati,saya rela melakukan apa aja buat teman.Insyaallah.

8.Cuek.Anda bukan teman saya dan tiba-tiba anda memohon bantuan saya ? Jangan harap.Orang lain banyak cincong soal kehidupan saya?Masa bodoh.

9."Nyeni".Dalam artian konotatif dan denotatif.Alhamdulillah dilahirkan sebagai orang kreatif,dan alhamdulillah juga jadi orang yang "menyimpang" dari norma sosial,walaupun konsekuensinya nanti dianggap orang sedeng atau aneh.

10.Gutsy.Berani,penuh semangat menggelora.Meskipun sering dibilang autis,saya tetap nyaman dengan diri saya yang selalu banyak gerak,menunjukkan semangat juang yang luar biasa.

Well,itu semua tentang saya hahaha.Sebenarnya masih banyak,lah.Faktanya,kamu tidak bisa secara sempurna mendeskripsikan dirimu sendiri.

Peraturannya :
1. Setiap orang yang ditag harus juga mem-posting tentang 10 hal mengenai diri mereka masing-masing;
2. Harus memilih 5 orang yang akan ditag;
3. Kunjungi blog mereka dan beritahu mereka kalau mereka sudah ditag oleh kita;
4. Jangan tag balik atau jangan tag orang yang sudah memberikan postingan ini sebelumnya kepada kamu;
5. Selamat mem-posting!


Link berikut :

1.Afina Raida Vinci
2.Ririe Rachmania