Mahabharata Ramayana

Sekarang ceritanya aku mau promosi buku bagus.Buat mereka yang suka kisah wayang (atau yang mungkin gak suka,dan mudah-mudahan kalo habis baca jadi suka),buku ini adalah buku yang patut dijadikan "kitab pengenalan" pada dunia wayang,dan kisah mitologi Hindu,Mahabaratha juga Ramayana.

Buku ini dulunya ditulis sama Begawan Wiyasa (dari Vyasa) ,sekitar abad ke 4.Dari India,ini naskah kesebar ke banyak tempat dan akhirnya sampe ke Indonesia pas masa Kerajaan Hindu.Kisah ini diangkat ke wayang,dan yang jelas versi wayang lebih mengembangkan cerita ini.Kayak contohnya Gatotkaca versi India badannya raksasa,dan ahli ilmu sihir,sedangkan versi pewayangan Jawa nyebutin kalo Gatotkaca itu setengah raksasa,dan kekuatannya kayak yang kita kenal yaitu otot kawat tulang besi.Yah,pokoknya ada perbedaan yang signifikan,tapi sejumlah peristiwa penting Mahabaratha asli gak dilewatkan.

Dari buku ini,kalian bisa ngedapetin sejumlah nilai-nilai keluhuran,nilai kepahlawanan yang ditunjukkan sama sejumlah tokoh.Gak cuma itu aja,kalian juga bisa kenal sama Pandawa,dan kerabat mereka yang jahat Kurawa.Kalian bisa kenal siapa itu Yudistira,Bima (bukan aku lho) ,Arjuna,Nakula-Sadewa,Duryodana,Dursasana dll.Oh ya,kalian juga bisa baca kisah epik Ramayana juga di buku ini.Kisah tentang Hanoman menyelamatkan Sinta dari kerajaan Alengka.Bagus banget.

Tebal buku sekitar 6-7 cm.Penulisnya Rajagopalachari.Berminat? Segera dapatkan di toko buku terdekat.

Karena namaku Bima,lantas aku nyari seperti apa Bima itu dalam cerita aslinya.Dan ya,aku klop banget sama Bima di kisah Mahabaratha.Mau tau kaya apa ? Baca sendiri :) .

0 komentar:

Posting Komentar