Candu

Akhir-akhir ini aku lagi sakit yang tarafnya gak elit : sakit gigi.Ya,saat dimana gigimu cenat-cenut gak karuan,kepalamu ikut pusing dan kamu jadi gak enak beraktifitas.Habis pulang dari liburan ke malang kemarin ,aku langsung sakit gigi.Mungkin karena gigiku ada yang berlubang dan lubangnya suka aku korek pake tusuk gigi,maka timbullah itu penyakit.Lirik lagu dangdut jaman dulu yang bilang,"lebih baik sakit gigi daripada sakit hati" itu salah.Karena sakit gigi lebih parah,karena sakit yang kita rasakan itu lebih nyata.

Karena udah lama gak kontrol ke dokter gigi (karena jauh),aku pake cara-cara aman : sikat gigi,kumur air garam.Dan,seperti sebelum-sebelumnya aku minum obat seperti Bodrex,Paramex,Oskadon buat ngurangin rasa sakit.Tapi,lain dari rasa sakit sebelumnya,obat-obat ini gak ngaruh.Biarpun udah minum 5 jam lalu,tetep aja masih sakit.Biar lebih efektif,aku minum obat dengan dosis lebih besar,sehari bisa 3-4 obat.Memang ngaruh,tapi tetep sakit banget.Setelah lihat keterangan di bungkus obat,"penggunaan dosis besar berkepanjangan bisa menyebabkan kerusakan hati".Buset,biar penyakitku gak nambah lebih baik aku ngurangin obat-obatan itu,takut nanti jadi candu.

Sakitku ini aku ceritain ke sejumlah temenku : ada yang ngasih saran pake Ponstan (gak ngaruh),ngasih keterangan kenapa sakit gigi itu bisa terjadi,atau bahkan ada juga temenku yang paling ekstrim waktu aku ceritain tentang aku candu obat,"kamu sakit gigi candu obat ya bim.Kalo urusan asmara,kamu pasti kecanduan si ***a ya hahahhaha ".Sialan,orang lagi sakit gigi bisa-bisanya dikaitkan sama urusan cinta-cintaan (tapi emang bener sih).

Candu,saat dimana kita jadi ketergantungan,terobsesi sama suatu hal.Rasanya tanpa hal tersebut,hidup kita terasa kosong,sakit,hampa.Cara mengisi sakit tersebut adalah mengisinya dengan "obat" yang bisa menyembuhkan kita.Terlalu banyak dosis,atau mungkin obsesi berlebihan,bisa menyebabkan penyakit hati.

Satu-satunya cara untuk melepaskan sifat candu kita ini adalah,dengan menahan diri,dari segala sakit dan kosong tadi.Kalau sebelum candu terhadap suatu hal saja kita bisa,kenapa sesudah candu kita tidak bisa menahan diri kita ?

0 komentar:

Posting Komentar