Goodbye ,Maestro

Minggu kemarin adalah minggu kelabu.Bukan karena minggu kemarin aku ditolak cewek,bukan.Tapi,hari itu adalah hari berkabung,hari duka.Karena seorang guruku di masa SMP,pergi meninggalkan dunia ini di usia 71 tahun.Beliau adalah bapak Benny Manuputty.

Pak Benny adalah guru seni musik paling "wow" di SMP Negeri 1 Surabaya dulu.Banyak trademark khas beliau yang sering jadi bahan omongan anak-anak se-SMP 1.Mulai dari awal MOS,beliau langsung dikenal sama anak-anak,karena beliau yang ngajari dan ngiringin lagu mars SMP 1.Dan lagi,iringannya itu khas,"teng tengteng tengtengterereng teng teng".Dan pas pelajarannya pak Benny,biasanya anak-anak jadi ribut sendiri.Ada yang kakinya keluar dari bangku,beliau langsung teriak ,"and the sikil masuk".Atau ada lagi,kalo anak-anak pada ribut,beliau biasa bilang,"and the cangkem mingkem" atau "DIAM!! Mana disiplinnya?".
Atau yang paling umum,biasanya kalo bingung cari ketua kelas,beliau teriak-teriak,"juragan?mana juragannya?".Kalau ada botol diatas meja,dibilang bayi tabung.Anak yang gede tinggi gemuk,pasti dipanggil ,"bomber".Entahlah,mungkin karena mereka mirip sama bom,bulet item mengkilat atau apa aku gak tau.Tapi yang jelas,sindiran pak Benny itu,ngebuat beliau diingat-ingat sama anak-anak Spensa.

Selain jadi staff pengajar seni musik,pak Benny juga jadi pembina Ekskul Drum Band Gita Rama Shinta.Yah,bagian dimana beliau teriak-teriak "DIAM!! Mana disiplinnya?!" itu lebih cocok diterapin kalo anak-anak drum band main-main sendiri tanpa disuruh.Biasanya,geng-ku di drum band dulu (Faiz,norman,dimbud,irfan,Rocky,fafa,reza,irqom,suto,alfa) sering dimarahin beliau gara-gara ribut sendiri,dan cenderung memberontak.Dan kami dengan seenaknya,memanggil beliau "Raja","Rojo".Yah,alesannya karena beliau itu suka ngatur-ngatur,nunjuk-nunjuk kesana kesini seenaknya.


(satu-satunya foto kenangan yang tersisa dari RFC,Radja Fans Club)

Yang aku inget dari masa drum band ini adalah cercaan yang begitu banyak dari beliau.Yah,kadang memang salah kami sendiri sih,gak ngedengerin omongan beliau.Meskipun penampilannya begitu,beliau ini baik hati lho.Beliau ini yang ngajeni kami-kami yang vakum drum band,memohon baik-baik,dan bilang "mas,tolong dibantu ya mas drum bandnya...kita kekurangan anak".Beliau juga dibalik itu semua orangnya ramah kok.Pernah sekali waktu aku telat pulang,ditemenin nunggu sampai bapakku ngejemput.

Terakhir kali ketemu beliau juga waktu aku ngadain kunjungan ke SMP 1 menjelang UNAS SMA.Pas ketemu beliau,aku langsung senyum sapa,"pak Benny".Beliau nanya,"masuk mana mas nanti maunya?","masuk ITB pak,desain grafisnya" "semoga sukses,keterima ya mas".Well,jujur waktu itu gak sepintas pun ada bayangan kalau beliau bakal pergi buat selama-lamanya.

Di umurnya yang ke 71 tahun,beliau pun pensiun,mungkin karena sudah gak sekuat dulu lagi.Lelaki yang lahir di tahun 1940 ini pun,menutup usianya pada tanggal 17 desember,sore hari (perkiraan pukul 16.00 sore).Beliau meninggal karena terjatuh di kamar mandi.

Setelah berita itu tersebar di twitter,BBM,dan facebook,banyak yang ngetweet tentang kenangan mereka semasa diajar beliau.Yang umum adalah,hal-hal yang diatas,dan banyak diantara mereka yang merasa kehilangan.Beliau adalah sang maestro,yang banyak meninggalkan kenangan dan sejumlah pelajaran berarti.Gak salah juga,kami (RFC) dulu manggil beliau Raja.Karena memang,dia adalah "Raja",orang yang utama,orang yang membawa banyak arti di kehidupan SMP ini.

Pertanyaannya sekarang,bagaimana nanti soal manajemen Drum Band Gita Rama Shinta ? Setelah Mr.Benny gak ada,siapa yang bakal membantu menggerakkan anak-anak kecil generasi penerus itu ? Semoga warisan beliau,tetep bisa bertahan,dan semoga keluarga dan kerabat yang ditinggalkan,diberi ketabahan.


Rest in Peace,Benjamin Dominggoes Manuputty


0 komentar:

Posting Komentar