Cita-cita

Setiap orang pasti punya cita-cita.Cita-cita itu gak lain gak bukan adalah keinginan kita untuk melakukan apa di masa yang akan datang.Jadi jangan heran kalo kita liat anak kecil yang ditanyain orang tuanya beginian.

"Andi,kamu nanti gede mau jadi apa?","Jadi pilot,Om!" atau "Cindy,ntar gede pengen jadi apa?" "jadi dokter,ma!".Biasanya,mereka termotivasi buat jadi profesi yang mereka idam-idamkan itu,karena selain ada kesan keren dan hebat dari menjadi profesi itu sendiri.Tapi kebanyakan cita-cita mereka itu gak akan bertahan lama,dan aku juga ngerasain begituan.

Dulu,ibuku dan orang-orang di sekitarku pernah nanya begini,"bima,nanti mau jadi apa?" dan aku yang masih anak kecil bego nan polos cuma bisa ngejawab,"jadi monyet"."Trus nanti kalo udah jadi orang gede?","ya jadi monyet gede."(Sumpah,ini beneran).

Terus pas aku TK,aku sempet kepikiran pengen jadi pilot.Gak tau kenapa,alesannya keren aja terbang di langit naik pesawat sambil ngeliat pemandangan sekitar yang dikelamuti awan.Wow,pikirku waktu itu.Hehe,tapi yah namanya anak kecil pikirannya yah ganti-ganti terus.

Waktu aku SD,karena keranjingan yang namanya bola,aku pengen jadi pemain bola sukses yang main di Persik sama Persib.Kenapa Persik?Soalnya ibuku orang kediri,dan aku bisa berlenggang kangkung di kediri seenaknya kalo aku main di Persik.Dan Persib?Jawabannya sih hampir sama.Bapakku orang Indramayu(emang gak ada deket-deketnya sama Persib sih),tapi sama-sama di Jawa barat dan jaraknya juga lumayan deket.Tapi yah gitu lah,sirna kaya yang lalu-lalu.

Aku sempet kepikiran jadi guru gara-gara sebuah komik.Komik itu adalah komik Nube,komik tentang guru ahli roh yang nyelametin anak-anak dari Roh jahat.Kalo aku nanti bener jadi guru aku malah gak jadi guru ahli roh,malah jadi ahli rok yang suka ngebuka-buka rok anak kecil(beneran,ini boongan).Naudzubillah,jangan sampe yang begituan kejadian.

Sempet juga aku kepikiran jadi seorang illustrator karena sering ngeliat kakak sepupuku yang hobi banget gambar.Aku juga keranjingan gambar,dan hobi ini aku kembangin sampe sekarang,tapi cita-cita jadi illustrator juga sirna seiring waktu berjalan.

Aku pernah punya cita-cita jadi seorang komikus gara-gara buku panduan menggambar manga yang dibelikan ibuku waktu kelas 5 SD.Dengan semangat 45,aku latian ngegambar manga dan berniat jadi seorang komikus kalo besar.Tapi diitung-itung aku gak telaten ngelanjutin manga,dan aku buang begitu aja cita-cita itu.

Aku pernah sempet juga pengen jadi seorang penjaga kebun binatang(tapi yang rada elite)pas SMP,soalnya aku keranjingan soal binatang gara-gara kebanyakan main zoo tycoon.Mungkin kalo ada game whore tycoon,mungkin kalo gede aku bisa-bisa keranjingan jadi germo,yang dengan penuh kasih memelihara mecun-mecun menderita,bahaya banget.

Tapi seheboh-hebohnya cita-citaku gak ada yang bikin aku keranjingan selain jadi seorang Jenderal TNI AD.Aku pengen keliatan gagah+cakep dimata cewek-cewek(hehehe),terus dibangga-banggain sama orang tua.Tapi,berhubung aku males dengan perihal disiplin yang mereka terapin,aku bisa-bisa gila gara-gara ini.

Begitu aku nginjak bangku SMA,pikiranku mulai kebuka.Aku yang punya bakat seni,cuma bisa kepikiran gini,"apa ya kira-kira fakultas yang keren yang hubungannya seputar gambar menggambar?".Semua itu kejawab waktu temenku bawa katalog Universitas yang tersebar di Indonesia+jurusannya.Fakultas di lembaran pertama itu bener-bener ngewakili diriku ini.Fakultas itu tidak lain tidak bukan adalah arsitektur.Yang paling dibutuhkan dari fakultas ini adalah matematika.Aku yang intelegensinya masih agak labil,nyoba belajar matematika biar bisa expert di Fakultas ini nanti.Tapi setelah aku denger rumor kalo ini universitas mungkin butuh ilmu Fisika,aku jadi gak ngeh(karena aku gak bisa fisika sama sekali).

Tapi setelah aku pertimbangin mateng-mateng,kayaknya aku lebih cocok masuk desain grafis.Selain gak maksa kaya arsitektur,aku udah klop dari kecil.Aku udah mutusin nanti kalo aku lulus dari bangku SMA ini,aku bakal ngejar UM FSRD ITB(selain bergengsi+aku bakal ngedapet ilmu yang sangar disana,aku juga pengen menjauh dari Surabaya sementara ini).

Tapi mikirin soal cita-cita yang satu ini gak gampang.Soalnya aku harus bisa managemen usahaku nanti kaya gimana,dan Planning-ku harus jelas biar pekerjaanku gak jadi aneh.Dan rasanya sulit kalo kerja ginian di negara Indonesia yang lagi labil ini.Jadi aku mutusin kalo suatu saat ada kesempatan,aku bakal kerja di luar negeri dan jadi seorang Desainer Grafis terkemuka.

At least,dari kisah-kisahku tadi aku cuma bisa ngarep kalian yang seenggaknya pernah baca ini posting bisa dapet kejelasan dalem nentuin cita-cita kalian.Berjuanglah,wahai orang-orang yang mencari.

0 komentar:

Posting Komentar